2018, Anggaran Infrastruktur Melesat Rp 410.4 Triliun

by

Infrastruktur masih menjadi motor utama sekaligus instrument pemerintahan Jokowi-JK dalam upaya meningkatkan perekonomi nasional. Pembangunan infrastruktur secara masif dinilai sebagai langkah jitu pemerintah dalam membangun Indonesia secara sentris.

Pada tahun 2018, proyek infrastruktur pemerintah mengalami peningkatan alokasi anggaran menjadi Rp410.4 Triliun. Nilai tersebut mengalami peningkatan 5,2 persen jika dibandingkan outlook tahun ini yang hanya senilai Rp 390,2 triliun.

Mengutip Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2018, secara jelas Kementerin Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendapatkan alokasi anggaran tertinggi yaitu Rp 104,7 triliun. Kemudian dialokasikan kepada Kementerian Perhubungan sebesar Rp 44,2 triliun, Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 33,9 triliun, serta investasi pemerintah baik itu lewat PMN maupun LMAN sebesar Rp 41,5 triliun.

Baca Juga : Bank Mandiri Bidik Penyaluran Kredit Proyek LRT

Untuk diketahui bahwa anggaran besar tersebut nantinya akan digunakan untuk pembangunan dan preservasi jalan, meliputi jalan baru (832 kilometer), jalan tol (33 kilometer) dan jembatan (15.373 kilometer). Kemudian, anggaran itu juga akan digunakan untuk pembangunan prasarana perkeretaapian (639 km), serta pembangunan bandara baru di delapan lokasi.

Baca Juga : Menyoal Biaya Transfer Antar Bank BUMN

Selain itu, untuk sektor telekomunikasi dan informasi, jumlah anggran tersebut akan diperuntukan dalam membangun 100 lokasi desa broadband terpadu dan BTS di daerah blankspot, terutama daerah 3T di 380 lokasi.

Anggaran tersebut juga difungsikan untuk mendukung program penyediaan dan peningkatan kualitas perumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang meliputi pembangunan 13.405 unit rumah susun dan 174.300 ribu unit bantuan stimulant. [] ct

About Author: WartaBank

Gravatar Image
Media Sinergitas Perbankan Indonesia

3 thoughts on “2018, Anggaran Infrastruktur Melesat Rp 410.4 Triliun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *