Bank bjb Tingkatkan Layanan Sebagai Bank Operasional (BO) II Melalui Sistem Span

by

bank bjb merupakan salah satu Bank Operasional (BO) II yang ditunjuk untuk membayarkan gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemerintah Pusat oleh Direktorat Jenderal (Ditjen) Perbendaharaan Kementerian Keuangan RepubIik Indonesia pada tanggal 13 April 2015 lalu.

Dalam perjalanannya Kementerian Keuangan memberikan kesempatan kepada bank bjb untuk dapat menyalurkan lebih cepat dengan memberikan solusi integrasi dengan Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (SPAN). Selama ini bank bjb sebagai Bank Operasional (BO) II menunggu kiriman penyaluran dari Bank Operasional (BO) I. Dengan integrasi SPAN ini bank bjb akan mendapatkan penyaluran langsung dari Kementerian Keuangan tanpa melalui Bank Operasional (BO) I terlebih dahulu untuk meningkatkan layanan penyaluran gaji PNS Pemerintah Pusat.

Pada tanggal 18 s.d 20 Januari 2017 yang lalu telah dilaksanakan User Acceptance Test (UAT) Aplikasi SPAN – bank bjb, dalam rangkaian tes tersebut oleh pihak Kementerian Keuangan yang terdiri dari Tim Direktorat Jenderal Perbendaharaan dan Tim Sistem Informasi Teknologi Perbendaharan Aplikasi SPAN – bank bjb dinyatakan Lulus Tanpa Catatan.

Dengan diberlakukannya SPAN oleh Kementerian Keuangan, bank bjb ditunjuk menjadi salah satu bank penyalur gaji PNS Pusat pada tanggal 10 Februari 2017 lalu, penunjukan PT. BPD Jawa Barat dan Banten, Tbk sebagai Bank Penyalur Gaji Melalui Rekening Pegawai Negeri Sipil/Prajurit Tentara Nasional Indonesia/Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia secara terpusat yang telah tertuang dalam Perjanjian Kerjasama tanggal 13 Februari 2017 lalu dan telah ditandatangani secara sirkulir dimana tahap selanjutnya adalah melakukan tes operasional Aplikasi SPAN – bank bjb.

Maka bertempat di Hotel Borobudur, Jakarta (5/4) dilaksanakan Tes Operasional Aplikasi SPAN dan Serah Terima Naskah PKS Penyaluran Gaji Melalui Rekening PNS/Prajurit TNI/Anggota POLRI yang dihadiri oleh Direktur Utama bank bjb Ahmad Irfan beserta Jajaran Direksi dan Manajemen bank bjb lainnya. SPAN telah berinteraksi dengan beberapa sistem lain diantaranya sistem perbankan khususnya Bank Operasional (BO), BI dan Bank Persepsi dalam rangka pelaksanaan Modul Penerimaan Negara Generasi Kedua (MPN-G2) dan direncanakan akan menggantikan seluruh sistem yang digunakan untuk mendukung Keuangan Negara dalam lingkup Ditjen Perbendaharaan dan Ditjen Anggaran. bank bjb sebagai salah satu BO II sudah siap terintegrasi dengan sistem SPAN.

Sebagai informasi, saat ini PNS Pusat yang terdata menyaluran gaji melalui bank bjb adalah sebanyak 6.323 Number of Account (NoA) dan jumlah penyaluran Kredit Guna Bhakti (KGB) Pola 2 bank bjb sebanyak 6.952 NoA yang berasal dari nasabah Kementerian dan BUMN. Dengan adanya kerjasama Aplikasi SPAN – bank bjb ini diharapkan dapat memperluas kerjasama dengan Instansi Pemerintah lainnya, menambah Dana Pihak Ketiga (DPK), meningkatkan NoA, ProfitFee Based Income serta Brand Image bank bjb.

bank bjb senantiasa menjaga dan memberikan kualitas terbaik dalam melayani nasabah dan mitra kerjanya, hal ini tercermin dengan berbagai inovasi-inovasi terus dilakukan terhadap produk dan layanannya. Saat ini bank bjb merupakan bank yang berada pada urutan ke-14 dari 118 bank yang ada di Indonesia. Pada akhir Desember tahun 2016 lalu, bank bjb berhasil mencatakan pertumbuhan laba bersih sebesar 14,4% year-on-year (y-o-y) di atas rata-rata pertumbuhan industri perbankan dan berhasil menurunkan Rasio Kredit Bermasalah (NPL) pada posisi 1,69% dari 2,91% pada tahun 2015. []

 

About Author: WartaBank

Gravatar Image
Media Sinergitas Perbankan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *