Tahun ini Aset Perbankan Syariah Diproyeksikan Tumbuh Signifikan

by
aset bank syariah diprediksi akan tumbuh signifikan di tahun 2018

Tahun ini perbankan syariah optimis mampu mendorong nilai aset yang lebih signifikan. Sebut saja BCA Syariah yang membidik target pertumbuhan nilai aset sampai 20%.

Menurut Direktur Utama BCA Syariah, John Kosasih, sampai dengan Triwulan I/2018 pertumbuhan aset perbankan sudah sesuai dengan yang ditargetkan. Pada periode itu, lanjutnya, aset-aset anak usaha perusahaan induk (BCA) naik 14%.

“Pertumbuhannya dikontribusikan dari DPK dan pembiayaan yang ikut tumbuh,” jelasnya.

Lebih lanjut John Kosasih memaparkan bahwa pembiayaan BCA Syariah mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan yaitu sebesar Rp4.29 Triliun atau tumbuh mencapai 23%. Sementara itu pertumbuhan DPK naik 16% menjadi Rp4.86 Triliun.

“Kami prediksi pada Triwulan II/2018, aset BCA Syariah akan mengalami pertumbuhan pada level 13% hingga 15%, serta pembiayaan juga akan naik pada kisaran 15%-20%,” pungkasnya.

Sementara itu, Sekretaris Perusahaan BRI Syariah, Indri Tri Handayani, menyebut bahwa aset BRI Syariah pada Triwulan I/2018 juga mengalami pertumbuhan yang signifikan. Dimana aset perbankan tersebut mencapai Rp34.73 Triliun atau tumbuh 21,84%.

Pertumbuhan tersebut, jelasnya, ditopang oleh adanya pertumbuhan DPK serta tambahan modal dari BRI sebagai induk usaha sebesar Rp1 Triliun. sebagai informasi bahwa sampai dengan Triwula I/2018, DPK yang berhasil dihimpun oleh BRI Syariah mencapai Rp28.3 Triliun atau tumbuh 22,99%.

Perbankan syariah lainnya yaitu BNI Syariah yang juga berhasil mencatat pertumbuhan aset di Triwulan I/2018 mencapai Rp38.45 Triliun atau mengalami pertumbuhan sebesar 28,8%.

Menurut Direktur Bisnis BNI Syariah, Direktur Bisnis BNI Syariah, aset yang tumbuh tersebut karena faktor pertumbuhan DPK yang mencapai Rp32.95 Triliun atau tumbuh sebesar 27,7%.

“Sampai akhir Desember 2018, pertumbuhan aset kami targetkan bisa tumbuh mencapai 15%. Hal tersebut terjadi seiring adanya pertumbuhan dari DPK serta pembiayaan,” ujarnya. []

About Author: WartaBank

Gravatar Image
Media Sinergitas Perbankan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *