Bank bjb Bidik Tren Pertumbuhan Positif Di Tengah Pemulihan Ekonomi

by

Pemulihan ekonomi global di 2018 menjadi tantangan sekaligus peluang bagi bank bjb dalam mendongkrak kinerja bisnis yang lebih baik. Perbankan berkode BJBR tersebut sangat optimis menyambut tahun kinerja 2018 dengan menyiapkan sejumlah strategi dan inovasi untuk mencetak kinerja positif di 2018.

Menurut Senior Vice President Corporate Secretary bank bjb Hakim Putratama, keoptimisan tersebut tidak semata-mata harapan belaka, namun disandarkan terhadap pandangan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yang menyatakan angka pertumbuhan ekonomi nasional 5,4% merupakan scenario optimistis namun cukup realistis untuk dicapai. Selain itu, Dana Moneter Internasional (IMF) pun memandang positif pertumbuhan ekonomi Indonesia. Perekonomian Indonesia pun berada dalam trend pemulihan yang ditandai dengan semakin tingginya pertumbuhan ekonomi yang dicapai dari 5,01% pada 2015, menuju pada level 5,3% pada tahun depan.

Baca Juga : Bank DKI Resmikan Program Gratis Masuk Ancol

“Kami optimis akan pertumbuhan perbankan yang lebih baik di tahun 2018 yang sangat lekat sebagai tahun pemulihan ekonomi global,” tegas Hakim pada kegiatan media gathering bank bjb di Labuan Bajo belum lama ini.

Menurut Hakim, proyeksi perbankan senada dengan pandangan pemerintah yang menatap optimistis kondisi perekonomian tahun 2018. Seperti diketahui, pemerintah telah menyusun asumsi makro ekonomi 2018. Pertumbuhan diyakini dapat berada pada level 5,4% atau naik sekitar 0,2% dibandingkan proyeksi pertumbuhan tahun ini di level 5,2%. Asumsi inflasi pun di patok pada level 3,5% dan plus minus 1% serta nilai tukar rupiah Rp13.500 per 1 dolar AS.

Konsumsi rumah tangga dan investasi swasta diharapkan dapat menjadi kontributor utama pertumbuhan utama, selain juga dari pertumbuhan ekspor yang akan berdampak positif pada penguatan nilai tukar. Tahun depan konsumsi rumah tangga diprediksi naik menjadi 5,1% dan investasi swasta berada di level 6.

Baca Juga : Sinergi BUMN, BNI Renovasi Jembatan di Lebak Banten

Meski tahun ini pertumbuhan kredit berada di bawah 10%, proyeksi pertumbuhan lebih moderat terjadi pada tahun 2018 sehingga berada di rentang 10-12%. Konsolidasi antara perbankan dan dunia usaha tidak akan ketat seperti yang terjadi di tahun ini, oleh karenanya permintaan penyaluran kredit pun meningkat. Hal tersebut sejalan dengan upaya penurunan suku bunga BI, yang secara sistematis impact-nya akan mulai terasa di akhir tahun. [] ct

Baca Juga :

 

About Author: WartaBank

Gravatar Image
Media Sinergitas Perbankan Indonesia

One thought on “Bank bjb Bidik Tren Pertumbuhan Positif Di Tengah Pemulihan Ekonomi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *