Bank bjb Tandatangani MoU Dengan PT. Sarana Multigriya Finansial (Persero)

by

Kinerja bank bjb selama tahun 2016 adalah sangat baik dimana, pada akhir tahun 2016 tercatat laba bersih sebesar 1,56 Triliun Rupiah dengan total aset konsolidasi sebesar 102 trillun rupiah. Kinerja membanggakan juga tercermin dari harga saham BJBR yang ditutup di harga 3390 per lembar saham, dimana atas kinerja saham tersebut, bank bjb menerima sebuah penghargaan internasional dari Finance Asia sebagai “The Best Small Cap” dan sebagai informasi bahwa kini bank bjb adalah bank dengan urutan ke-14 dari 118 bank yang ada di Indonesia.

Kerjasama antara bank bjb dengan PT. Sarana Multigriya Finansial (Persero) sudah berlangsung sejak tahun 2011, namun kerjasama yang dilakukan baru sebatas penempatan dana di salah satu jaringan kantor bank bjb di wilayah Jakarta Selatan. Maka tindaklanjut dari kerjasama yang telah terjalin tersebut pada hari Senin, tanggal 3 April 2017 bertempat di Grha SMF diselenggarakan Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara PT. Sarana Multigriya Finansial (Persero) dengan bank bjb tentang Pemanfaatan Jasa Layanan Bersama.

Maksud Nota kesepahaman ini adalah sebagai gerbang untuk mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan kerjasama Pemanfaatan Jasa Layanan Bersama antara PT. Sarana Multigriya Finansial (Persero) dengan bank bjb kedepannya. Melalui kerjasama ini diharapkan dapat meningkatkan Dana Pihak Ketiga (DPK) bank bjb, memperluas jaringan pelayanan kedua belah pihak, memberikan kontribusi positif dalam pengembangan bisnis kedua belah pihak, mempermudah layanan kepada masyarakat, beserta potensi bisnis lainnya, salah satunya dengan memperluas peluang kerjasama dengan PT. Sarana Multigriya Finansial (Persero), ruang lingkup kerjasama antara lain : (1) Penyediaan sumber dana jangka menengah/panjang untuk penyaluran KPR. (2) Peningkatan kapasitas sumber daya manusia dalam rangka penyaluran KPR. (3) Penyediaan SOP KPR BPD-SMF. (4) Penyediaan produk dan jasa penghimpunan/penempatan dana. (5) Penyediaan Sarana layanan perbankan yang membantu dan memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi perbankan. (6) Jasa layanan lainnya sesuai dengan kesepakatan.

Beberapa potensi yang dimiliki dari kerjasama dengan PT. Sarana Multigriya Finansial (Persero) adalah : (1) Peningkatan Penyaluran KPR. PT. Sarana Multigriya Finansial (Persero) berperan dalam menyusun model transaksi yakni sekuritisasi untuk bank yang siap dalam menjual tagihan KPR dan fasilitas pinjaman dalam memperbesar volume portofolio KPR. (2) Potensi Dana Pihak Ketiga. Dilakukannya kerjasama ini maka terdapat potensi peningkatan DPK (Giro dan Deposito) dari PT. Sarana Multigriya Finansial (Persero). (3) Potensi Cross Selling. Adanya kerjasama ini membuka peluang untuk melakukan cross selling produk-produk bank bjb lainnya antara lain: Cash Management ServicePayroll Service, Kredit KGB, DPLK, serta jasa perbankan lainnya. (4) Peningkatan Brand Image. Adanya kerjasama dengan PT. Sarana Multigriya Finansial (Persero) diharapkan akan meningkatkan brand image bank bjb.

Selain itu, kerjasama ini sebagai salah satu upaya mewujudkan visi bank bjb menjadi 10 Bank terbesar berkinerja baik di Indonesia serta hal ini merupakan bentuk sinergi bank bjb dengan BUMN yang strategis dan mencerminkan komitmen untuk terus mendukung kebijakan Pemerintah dalam menjalankan roda perekonomian nasional. []

 

About Author: WartaBank

Gravatar Image
Media Sinergitas Perbankan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *