Sumber Dana Pasar Modal Jadi Incaran Bank Kecil dan Menengah

by
Sumber Pendanaan Perbankan

Tahun ini perbankan skala kecil dan menengah kian gencar mencari sumber pedanaan untuk memperkuat permodalan melalui pasar modal. Salah satunya diutarakan oleh Direktur Utama Bank MNC, Benny Purnomo, yang mengatakan bahwa Bank MNC berencana melakukan rights issue Rp450 Miliar pada tahun ini.

“Tahun rencananya akan rights issue Rp450 Miliar. Juni ini diharapkan rampung” ujarnya.

Senada dengan Bank MNC, dimana PT Bank Kesejahteraan Ekonomi (BKE) juga akan melakukan hal serupa. Dimana BKE juga memiliki rencana rights issue Rp300 Miliar tahun ini.

Putusanya pada RUPS 9 Mei nanti,” terang Direktur Utama BKE, Sasmaya Tuhuleley.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa izin rights issue ini diharapkan bulan depan bisa efektif. Menurut Sasmaya opsi wholesale funding bisa diambil jika kondisi likuiditas agak ketat.

Sementara itu Direktur Bank Yudha Bhakti, Iim Wardiman, mengatakan bahwapihaknya akan rights issue. “Besarannya belum ditetapkan,” ujar Iim.

Vicky Fitriadi Direktur Bisnis Konsumer & UMKM Bank Woori Saudara bilang pada tahun ini bank akan menerbitkan negotiable certificate deposits (NCD) sebesar Rp1 Triliun dan medium term notes (MTN) sebesar Rp1 Triliun.

Henky Suryaputra, CFO Bank Sampoerna bilang saat ini opsi pendanaan non DPK atau wholesale funding masih di bawah 10%. Andreas Basuki, Sekretaris Perusahaan CCB Indonesia bilang opsi pendanaan selain dari DPK juga dari offshore borrowing dari grup.

“Opsi ini masih belum kami gunakan,” ujar Andreas.

Selain itu bank juga menjajaki penerbitan instrumen pasar modal lain. Rusli Wakil Direktur Utama Bank Victoria mengatakan bahwa pada tahun ini bank akan menerbitkan obligasi. “Bagian dari penawaran umum berkelanjutan,” pungkas Rusli. []

About Author: WartaBank

Gravatar Image
Media Sinergitas Perbankan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *