Menyoal Biaya Transfer Antar Bank BUMN

by

Biaya transfer antar perbankan BUMN kini tengah ramai diperbincangkan oleh masyarakat. Dimana masyarakat menginginkan adanya penurunan biaya, dimana saat ini biaya transaksi antar bank-bank BUMN (Himbara / Himpunan Bank-bank Milik Negara) yang terdiri dari Bank Mandiri, BRI, BNI dan BTN tercatat sebesar Rp4.000 per transaksi dimana angka tersebut telah mengalami penurunan dari sebelumnya yang mencapai Rp6.500 per transaksinya.

Hal tersebut terjadi lantaran bank-bank Plat merah tersebut melakukan sinergi dengan membuat jaringan Link untuk mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dan mesin perekam data elektronik (Electronic Data Capture/EDC). Sehingga hal tersebut membuat seluruh ATM dan EDC keempat bank bisa saling digunakan.

Namun demikian HIMBARA melalui, Maryono sebagai ketua perhimpunan mengaku telah mengkaji untuk melakukan penurunan kembali atas transaksi sesame perbankan BUMN .

“Tengah kami proses penurunannya. Biayanya bisa sampai Rp1.500 per transaksi,” ujar Maryono yang juga Dirut BTN.

Baca Juga : Bank Mandiri Bidik Penyaluran Kredit Proyek LRT

Maryono menambahkan bahwa biaya transaksi perbankan BUMN seharusnya bisa diturunkan lagi hingga batas minimal lantaran adanya Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) yang telah resmi diluncurkan oleh Bank Indonesia (BI) beberapa waktu lalu.

Sementara itu, menurut Kepala Pusat Program Transformasi BI, Onny Widjanarko penurunan biaya tersebut diwujudkan karena sistem GPN akan berlaku mulai 1 Januari 2018 mendatang. Dengan sistem tersebut, ujar Onny, masing-masing bank yang menerbitkan kartu ATM/debit maka wajib mencantumkan logo GPN. Artinya kartu yang digunakan bisa masuk ke seluruh sistem ATM dan EDC antar bank dan perusahaan switching sehingga membuat biaya transaksi juga bisa lebih rendah.

Baca Juga : 2018 Bank Syariah Mandiri Incar Pembiayaan Rp68 Triliun

“Manfaat lainnya yaitu, biaya transaksi dipastikan akan menjadi lebih murah, karena biaya investasi bank penerbit lebih rendah, efisien. Yang sudah pasti, biaya transaksi pembayaran (Merchant Discount Rate/MDR) akan dibatasi maksimal yaitu satu persen, mengingat selama ini 1,6-2,2 persen,” tuturnya. []

About Author: WartaBank

Gravatar Image
Media Sinergitas Perbankan Indonesia

4 thoughts on “Menyoal Biaya Transfer Antar Bank BUMN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *