BSM Serahkan Bantuan Sanitasi Lingkungan Pesantren di Cirebon

by

Mandiri Group melalui Bank Syariah Mandiri (BSM) menyerahkan bantuan corporate social responsibility (CSR) di dua pesantren di Cirebon, Jawa Barat.

Bantuan senilai Rp700 juta itu akan digunakan untuk memperbaiki sanitasi di lingkungan pesantren.

Bantuan sarana sanitasi diserahkan kepada Pesantren Kebon Jambu Al-Islamy Babakan Ciwaringin dan Pesantren Dar El Tauhid Arjawinangun Cirebon. Penyerahan bantuan dilakukan oleh Senior Executive Vice President  Bank Mandiri, Ventje Rahardjo dan Direktur Utama Bank Syariah Mandiri Agus Sudiarto kepada pengasuh Pondok Pesantren Kebon Jambu Al-Islamy Babakan Ciwaringin Nyai Hj. Masryah dan Pengasuh Pesantren Dar El Tauhid KH. Husein Muhammad di Cirebon, Jawa Barat, Kamis (1/12).

Bersamaan dengan kegiatan CSR juga dilaksanakan dzikir bersama untuk kemaslahatan bangsa yang diikuti sekitar 3.000 santri. Pesantren Kebon Jambu Al Islamy  merupakan pesantren dengan 2.000 santri putra dan putri yang diasuh Ustadzah  Hj. Masryah.

Pada bulan April 2017 pesantren ini akan jadi tuan rumah Kongres International Ulama Perempuan dengan peserta seribu orang dari seluruh dunia.

Sementara itu, Pesantren Dar El Tauhid Cirebon yang diasuh Dr. KH. Husein Muhammad, memiliki santri sekitar seribu orang dan banyak mengkampanyekan aktivitas terkait gender.

Menurut Ventje Rahardjo, pesantren sangat membutuhkan sarana sanitasi untuk menjaga kesehatan santri dan lingkungannya. ‘’Terlebih bagi pesantren yang memiliki ribuan santri seperti Al Islami dan Dar El Tauhid ini,’’ ujarnya.

Direktur Utama BSM Agus Sudiarto mengemukakan bahwa keberadaan pesantren di tengah masyarakat memiliki makna strategis untuk mengembangkan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Pesantren telah lama mengakar di masyarakat. Hal ini merupakan kekuatan yang dapat membangkitkan semangat masyarakat dalam meraih kemajuan hidup. Melalui bantuan ini, kami ingin meningkatkan peran aktif dalam mengembangkan pondok pesantren,” kata Agus.

Penyerahan bantuan tersebut, lanjut Agus, masih dalam rangkaian milad Bank Syariah Mandiri yang ke 17 dan Bank Mandiri ke-18. Sebelumnya BSM juga menyerahkan bantuan CSR bagi korban banjir bandang Garut.

Di dalam Islam, menjaga lingkungan merupakan salah satu prinsip maqashid syariah (tujuan syariah). BSM sebagai bank syariah sangat concern pada masalah tersebut tidak saja dalam bentuk CSR tapi juga implementasi praktik perbankan.

Hingga Triwulan III, portofolio pembiayaan BSM yang tergolong ramah lingkungan (pengelolaan limbah dan perkebunan)  sekitar Rp3,1 triliun.

About Author: WartaBank

Gravatar Image
Media Sinergitas Perbankan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *