Kata Bankir Tentang Calon Gubernur BI

by
Gubernur Bank Indonesia

Seperti diketahui bahwa Presiden Joko Widodo telah melayangkan surat prihal nama Perry Warjiyo sebagai calon tunggal Gubernur Bank Indonesia (BI) menggantikan Agus Martowardojo yang akan habis masa jabatannya. Melalui Sekretariat Negara, surat tersebut telah sampai di DPR-RI.

Baca Juga : Perlu Kredit Bank ? Baca ini !

Munculnya nama Perry Warjiyo sebagai calon yang rekomendasikan Presiden Jokowi tentunya memunculkan beragam tanggapan dari pelaku industri perbankan (bankir). Hampir rata-rata para bankir menyebut bahwa nama pria kelahiran Sukoharjo tahun 1959 tersebut dinilai memiliki kompetensi yang sangat baik untuk menduduki kursi Gubernur BI.

Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk / BRI Suprajarto menyebut bahwa nama yang direkomendasikan oleh Presiden Jokowi dinilai sudah sangat tepat, pasalnya Perry memiliki keahlian yang sangat baik dalam bidang moneter.

“Pak Perry sangat menguasai bidang pekerjaannya dan sangat pro terhadap pertumbuhan, terlebih pak Perry itu merupakan mantan Deputi Gubernur BI,” ujarnya.

Lebih lanjut ia berharap siapa pun nanti yang terpilih, Gubernur BI yang baru dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan semakin memperkuat kondisi perekonomian nasional.

“Semoga bisa antisipasi terjadinya disrupsi teknologi dengan menghadirkan regulasi yang tepat serta mampu mengatasi dampak ekonomi global,” harapnya.

Direktur Utama PT Bank Central Asia (BCA) Jahja Setiaatmadja pun menaruh harapan yang sama. Ia menilai keputusan Presiden Jokowi merekomendasikan nama Perry Warjiyo sudah sangat tepat. Selain kenal dengan Perry, tanpa mengesampingkan Gubernur BI saat in, Jahja mengatakan bahwa sosok Perry merupakan figur yang dibutuhkan negara saat ini.

Baca Juga : BI: “Ketahanan Industri Perbankan Akan Tetap Kuat”

Senada, Direktur Utama PT Bank Central Asia (BCA) Jahja Setiaatmadja juga menilai pilihan dari Presiden Jokowi sudah tepat. “Saya kenal beliau dan pilihan Pak Jokowi sudah terbaik dan sesuai dengan keadaan dan kebutuhan negara kita” ungkap Jahja.

Seperti diketahui bahwa sosok Perry Warjiyo memulai jabatannya sebagai Deputi Gubernur BI pada tahun 2013 dan akan berakhir pada 2018. Perry diangkat menjadi Deputi Gubernur berdasarkan Kepres 28P/2013. Sebelum menjadi Deputi, Perry memangku jabatan sebagai Asisten Gubernur. Ia bekerja dengan cukup baik dalam melakukan perumusan kebijakan moneter serta makroprudensial dan internasional. Selain itu ia juga pernah menjabat sebagai Direktur Eksekutif Departemen Riset Ekonomi dan Kebijakan Moneter. []

About Author: WartaBank

Gravatar Image
Media Sinergitas Perbankan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *