HIMBARA Jadi Ancaman Bagi Swasta?

by

Keberadaan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) yang dibentuk atas inisiasi pemilik sahamnya yaitu Kementerian Badan Usaha milik Negara (BUMN) tentunya menjadi sorotan tersendiri khususnya bagi perbankan swasta. Menurut Direktur BCA, Santoso Liem, pihaknya tidak mengambil pusing atas keberadaan HIMBARA tersebut. Ia menjelaskan bahwa pihaknya senantiasa mendukung penuh atas HIMBARA karena dengan adanya konsolidasi tersebut akan berdampak positif kepada masyarakat.

“Konsolidasi ya bagus. BCA sebagai perbankan senang karena layanan kepada masyarakat akan naik dan membaik. Kita menyikapi konsolidasi tersebut positif.,” ujar Santoso.

Dirinya menambahkan, sistem perbankan menurutnya bukan masalah ego antar bank tapi bagaimana membuat masyarakat lebih maju. “Kita menyikapi kompetisi ini dengan membangun ekosistem perbankan yang lebih baik,” tambah Santoso.

Untuk itu, pihaknya juga terus melakukan langkah konkrit  dalam menghadapi holding Himbara tersebut, Santoso menjelaskan, bahwa pihaknya terus mengembangkan dan memperbarui teknologinya menghadapi persaingan tersebut.

“Kita sudah memiliki dan terus kembangkan payment platform yang lebih murah dan lebih nyaman buat costumer. Kedepan mungkin kita akan maksimalkan fungsi smartphone. Jadi arah digitalisasi itu sudah tidak bisa ditolak ,” tukas Santoso.

Seperti diketahui bahwa Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyatakan bahwa proses pembentukan holding perbankan milik negara yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) masih terus berjalan hingga saat ini. Bahkan pembentukan holding keuangan tersebut diproyeksikan dapat rampung pada Triwulan I/2018. []

 

About Author: WartaBank

Gravatar Image
Media Sinergitas Perbankan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *