Mau Kredit Rumah Murah ? Inilah Syarat & Lokasinya

by


Kredit rumah murah selalu menjadi tema paling banyak dicari orang dibandingkan pencarian jenis hunian lain seperti apartemen dan rumah susun. Rumah merupakan kebutuhan pokok manusia, karena sebagai tempat berlindung dari segala kondisi cuaca serta tempat bertumbuh kembangnya keluarga. Seiring meningkatnya kebutuhan akan hunian tersebut, alhasil berdampak terhadap berkurangnya lahan bagi perumahan.

Hal ini lah yang memicu persaingan, sehingga harga 1 unit rumah atau hunian melambung tinggi dari waktu ke waktu, konsekwensinya masyarkat yang ingin memiliki rumah harus membayar dengan harga yang tidak murah.

Harga tanah yang melambung tinggi karena keterbatasan lahan serta mahalnya ongkos pembangunan rumah menjadi faktor yang menentukan nilai atau harga rumah tersebut.

Maka, tidak mengherankan jika menginginkan rumah yang berlokasi diperkotaan, masyarakat diwajibkan merogoh kocek sedalam-dalamnya bahkan menguras habis tabungan di rekening banknya.

Namun, melesatnya harga rumah bukan menjadi hambatan bagi masyarakat yang mengidam-idamkan memiliki hunian untuk keluarganya. Secara prinsip seperti pada umumnya, pembelian rumah dapat dilakukan dengan 2 mekanisme yaitu secara cash (tunai) atau kredit (dicicil).

Mekanisme kredit merupakan solusi bagi masyarakat yang ingin membeli rumah tetapi tidak memiliki uang cukup untuk membelinya secara cash atau tunai. Misalnya, Jumlah uang tunai yang mereka miliki hanya 50, 40 bahkan 30% dari harga rumah yang dijual, maka sisa kekurangnya bisa dicicil, tentunya dengan bunga yang telah disepakati oleh pembeli dan pihak perbankan yang melakukan pembiayaannya.

Pada akhirnya mekanisme kredit pun banyak menjadi pilihan masyarakat karena menjadi solusi dalam memenuhi kebutuhan kepemilikan hunian.

 

KREDIT RUMAH MURAH

Apakah mekanisme kredit yang ditawarkan perbankan seperti yang diurai di atas sudah menyelesaikan masalah? Jawabannya adalah belum! Besarnya uang muka (Down Payment / DP) dan mahalnya biaya yang harus dicicil setiap bulannya menjadi kendala bagi masyarakat khususnya yang berpenghasilan rendah.

ini yang menjadi pekerjaan pemerintah untuk memenuhi kebutuhan rumah bagi Masyarakat Berpenghasilan rendah (MBR). Pemerintah dan pihak perbankan diharapkan akan mampu mengatasi permasalahan tersebut sehingga setiap masyarakat di semua level kehidupan dapat memiliki rumah tinggal.

Sebagai lembaga keuangan Negara, bank diharapkan mampu menjalankan fungsinya untuk membantu pemerintah dalam layanan pembiayaan KREDIT RUMAH MURAH. Melalui produknya yaitu Kredit Konsumer (konsumsi) atau yang dikenal masyarakat dengan istilah Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Produk KPR perbankan saat ini telah berkembang dengan sangat pesat seiring meningkatnya kebutuhan akan pembiayaan melalui mekanisme KPR. Salah satu produk KPR yang saat ini tengah booming di masyarakat adalah skema pembiayaan KREDIT RUMAH MURAH TANPA DP.

Seperti diketahui bahwa maraknya KREDIT RUMAH MURAH yang ditawarkan perbankan saat ini menjadi salah satu program pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yaitu Program Sejuta rumah.

 

KREDIT RUMAH MURAH DI BEKASI

Melambungnya harga rumah di perkotaan seperti Jakarta, membuat masyarakat kesulitan untuk memiliki hunian karena keterbatasan biaya serta beratnya mekanisme kredit yang persyaratkan oleh perbankan.

Pemerintah melalui PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN menawarkan Villa Kencana Cikarang sebagai solusi KREDIT RUMAH MURAH untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) di wilayah Cikarang, Bekasi.

Dalam pemenuhan kebutahan tersebut, BTN merangkul PT Arrayan Bekasi Development sebagai kontraktor pembangunannya. Villa Kencana Cikarang dibangun di atas lahan seluas 105 hektar, dengan total rumah sebanyak 8.749 tersebut telah diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada Mei 2017 silam.

Sebagai integrator Program Sejuta Rumah BTN tidak hanya memiliki peran sebagai penyalur KPR saja, melainkan melakukan penyaluran kredit bagi pengembang perumahan.

Seperti diketahui bahwa pembangunan Villa Kencana Cikarang tersebut telah dilakukan sejak tahun 2016 silam. RUMAH KREDIT BEKASI JAWA BARAT tersebut diperuntukan bagi MBR tersebut memiliki tipe 25/60 dengan harga per unit mulai dari Rp 112 juta hingga Rp 141 juta. Skema KPR nya yaitu masyarakat cukup menegluarkan 1% dari harga rumah tersebut sebagai uang muka, dengan bunga cicilan sebesar 5% fixed hingga 20 tahun.

Berikut persyaratan dan ketentuan KREDIT RUMAH MURAH yang ditawarkan BTN di Villa Kencana Cikarang:

  1. Uang Muka (Down Payment / DP) sebesar Rp1.120.000,- (untuk harga terendah)
  2. Cicilan perbulan hanya sekitar Rp800.000,-

Persyaratan:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI) dan berdomisili di Indonesia.
  2. Pemohon adalah pasangan suami isteri yang belum memiliki rumah dan belum pernah menerima subsidi kepemilikan rumah dari pemerintah.
  3. Pendapatan tidak boleh lebih dari Rp4.000.000,-
  4. Memiliki surat masa kerja atau usaha minimal 1 tahun dan memiliki NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), SPT (Surat Pemberitahuan Tahunan), PPh (Pajak Penghasilan) orang pribadi sesaui dengan undang-undang yang berlaku.
  5. Wajib menandatangani surat pernyataan (di atas materai) dengan biaya provisi sebesar 0,5%, administrasi Rp250.000,- serta biaya untuk notaris.

 

Dokumen yang Dibutuhkan:

Sebagai persyaratan pengajkuan KPR, maka dokumen yang harus dilengkapi adalah sebagai berikut:

  1. Form Aplikasi Kredit yang telah dilengkapi pas foto terbaru (suami dan isteri).
  2. Fotocopy KTP (suami dan isteri), Fotocopy Kartu Keluaga (KK), Fotocopy surat nikah/cerai.
  3. Melampirkan slip gaji terakhir atau surat keterangan berpenghasilan, Fotocopy SK sebagai pegawai tetap atau surat keterangan kerja sebagai karyawan.
  4. Bagi wirausaha wajib melampirkan SIUP, TDP dan surat keterangan domisili serta laporan keuangan 3 bulan terakhir.
  5. Fotocopy Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).
  6. Fotocopy rekening Koran atau tabungan 3 bulan terakhir.
  7. Surat pernyataan belum pernah menerima subsidi rumah pemerintah yang dibuat oleh pemohon (suami dan isteri).

 

Ketentuan:

  1. Rumah yang telah disetujui KPR subsidinya harus digunakan selayaknya sebagai rumah tinggal oleh pemilik
  2. Jika nantinya pemilik meninggalkan rumah terus menerus selama 1 tahun dan tidak memenuhi kewajiban membayar cicilan, maka pemerintah berhak mengambil alih rumah tersebut dan berganti kepemilikan.

 

KREDIT RUMAH MURAH TANGERANG

Selain di Bekasi, KREDIT RUMAH MURAH juga dapat ditemukan di Tangerang. Hal ini tentu menjadi kabar gembira bagi warga tangerang yang belum memiliki rumah. Melalui PT PP Urban sebagai pengembang, pemerintah kembali menghadirkan rumah yang diperuntukan bagi MBR di Jalan Raya Bukit Sarua, Tangerang Selatan.

Dengan total sebanyak 6.000 unit, rumah berkonsep rumah susun sederhana milik (rusunami) tersebut memiliki luas 30 meter dilengkapi 2 kamar tidur dan 1 kamar mandi. Rusunami tersebut dipasarkan dengan harga Rp239 juta dengan uang muka 1%.

RUMAH MURAH DI TANGERANG tersebut dibangun atas sinergi yang dilakukan oleh BPJS Ketenagakerjaan, PT PP Tbk, dan PT Bank Tabungan Negara Tbk (Bank BTN). Dalam hal ini BPJAS ketenagakerjaan sebagai penyalur pendanaan KREDIT RUMAH MURAH untuk pengembang atau para pekerja.

Berikut syarat dan ketentuan bagi masyarakat yang ingin memiliki Rumah Murah tersebut:

  1. Pekerja dengan kepesertaan minimal 1 tahun.
  2. KPR diperuntukan bagi pekerja dengan syarat menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan minimal 1 tahun untuk Program Jaminan Hari Tua (JHT).
  3. Uang muka 1% dengan bunga fixed 5%.
  4. Warga Negara Indonesia (WNI) dan berdomisili di Indonesia.
  5. Pemohon adalah pasangan suami isteri yang belum memiliki rumah dan belum pernah menerima subsidi kepemilikan rumah dari pemerintah.
  6. Gaji / pendapatan tidak boleh lebih dari Rp7.000.000,-
  7. Memiliki masa kerja / usaha minimal 1 tahun
  8. Memiliki surat masa kerja atau usaha minimal 1 tahun dan memiliki NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), SPT (Surat Pemberitahuan Tahunan), PPh (Pajak Penghasilan) orang pribadi sesaui dengan undang-undang yang berlaku.

 

Cara Membeli Rusunami:

  1. Setelah menentukan unit yang akan dibeli, kemudian mengajukan kredit kepemilikan melalui perbankan maupun rekanan pengembang.
  2. Ketika mengajukan kredit, lengkapi dokumen berikut:
    * Form aplikasi kredit yang dilengkapi dengan pas foto pemohon (suami dan isteri).
    * Fotocopy KTP (suami dan isteri), Fotocopy Kartu Keluaga (KK), Fotocopy surat nikah/cerai.
    * Melampirkan slip gaji terakhir atau surat keterangan berpenghasilan, Fotocopy SK sebagai pegawai tetap atau surat keterangan kerja sebagai karyawan.
    * Bagi wirausaha wajib melampirkan SIUP, TDP dan surat keterangan domisili serta laporan keuangan 3 bulan terakhir.
    * Fotocopy Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).
    * Surat pernyataan belum memiliki rumah yang ditandatanganin oleh pemohon (suami dan isteri).
  3. Apabila permohonan kredit diterima, maka proses akad kredit sudah bisa dilakukan bersama notaries dan perwakilan dari pihak bank.
  4. Waktu pengajuan Kredit yaitu selama 10 hari.
  5. Menyiapkan biaya tambahan untuk membayar biaya provisi serta administrasi dan biaya untuk notaris.

 

KREDIT RUMAH MURAH JAKARTA

Selain di Bekasi dan Tangerang, apakah kita bisa menemukan rumah murah dengan skema KREDIT RUMAH MURAH di Jakarta?

Memang konsep rumah untuk MBR sampai dengan saat ini belum ada proyeknya di Jakarta. Namun bukannya kita tidak bisa menemukan rumah dengan harga murah di Jakarta.

Membeli hunian murah di Jakarta bukanlah hal yang mustahil. Jika cermat dan tahu caranya, kita bisa mendapatkan rumah dengan harga yang sesuai dengan budget.

Yang pertama dilakukan adalah mencari unit yang akan dijual, kemudian mencari solusi pembiayaan dengan skema KREDIT RUMAH MURAH.

Berikut ini merupakan tips untuk mendapatkan rumah murah di Jakarta:

  1. Mencari dengan Penuh Kesabaran
    Di era digital saat ini tentunya kita dengan sangat mudah menemukan sesuatu apapun baik itu berbentuk informasi maupun barang melalui mesin pencarian. Termasuk pencarian rumah.Beberapa trik antara lain yaitu jika yang ingin kita cari adalah rumah dengan harga murah atau kredit rumah murah di wilayah tertentu, pastinya kita akan menulis di mesin pencarian, misalnya “KREDIT RUMAH MURAH JAKARTA”!Meskipun nantinya tidak spesifik yang keluar adalah informasi yang kita cari, semisal yang muncul adalah KREDIT RUMAH MURAH DI BEKASI TIMUR atau RUMAH DP 5 JUTA BEKASI.Selain itu, agar selalu mendapatkan informasi yang akurat maka kita bisa mendaftarkan e-mail kita pada situs tersebut. Dengan demikian setiap harinya kita akan mendapat informasi seputar rumah yang akan kita cari yang dikirim ke e-mail yang tadi sudah kita daftarkan.
  2. Membeli Rumah Tua
    Rumah tua biasanya memiliki rentan harga yang jauh lebih murah. Rumah tua dalam hal ini biasanya sudah kurang bagus kondisinya. Seumpama catnya sudah mengelupas, gentengnya sudah bocor, pada umumnya rumah tersebut seolah tidak terawat, namun masih layak ditempati.Rumah tua semacam itu biasanya dijual di bawah harga pasaarn. Bahkan jika kita beruntung ada yang menjual hanya hitung tanah saja.
  3. Rumah Lelang
    Informasi seputar rumah lelang biasanya dapat kita ketahui melalui perbankan. Pihak bank akan melakukan lelang ketika debitur gagal menyelesaikan pinjamannya.Rumah lelang bisa didapatkan lewat bank. Bank melelang rumah karena ada debitur yang gagal melunasi pinjaman. Rumah tersebut dijadikan jaminan pinjaman, sehingga dilakukan penyitaan oleh pihak bank untuk menyelesaikan sisa cicilan debitur tersebut.Rumah lelang tersebut sudah dipastikan harganya murah karena pihak bank membutuhkan uang yang cepat untuk perputaran bisnisnya. Dengan skema lelang murah tersebut maka pihak bank akan cepat mendapatkan uang.Namun sebelum melakukan lelang, ada baiknya kita mengetahui tata cara dan tip untuk mendapatkan rumah lelang.
  4. Membeli Rumah di Pinggiran Jakarta
    Apabila kita kesulitan mendapatkan rumah di pusat kota Jakarta, maka alternative lain kita bisa mencarinya di daerah pinggiran atau perbatasan yang masih masuk wilayah administrasi Ibukota.Wilayah tersebut biasa dikenal dengan istilah kota penyangga, dimana harga rumah pada wilayah tersebut biasanya masih memiliki pengaruh harga murah dari kota sebelahnya.Namun harus dipastikan akses yang baik ke pusat kota serta pastikan wilayah tersebut terbebas dari ancaman banjir.
  5. Rumah Dengan Sertifikat Bermasalah
    Rumah yang tidak memiliki surat lengkap atau sertifikatnya bermasalah pasti harnya jauh sangat murah. Contohnya adalah rumah yang tidak memiliki AJB, sertifikat, dsb.

Namun dibutuhkan pengetahuan dan kejelian dalam membeli rumah dengan kondisi tersebut. Meskipun agak ribet, namun pastikan pengurusan dokumen surat-surat rumah tersebut nantinya bisa selesai dan dinyatakan legal, agar Anda segera mendapat fasilitas kredit rumah murah []ct

About Author: WartaBank

Gravatar Image
Media Sinergitas Perbankan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *