Laba BCA Syariah Tumbuh 30%

by
Kinerja 2017 BCA Syariah Tumbuh 30%

Sepanjang tahun 2017 performa kinerja keuangan BCA Syariah tumbuh cukup signifikan, dimana perbankan mampu melesatkan laba bersih sebesar Rp47,86 Miliar atau tumbuh 30% dibanding tahun sebelumnya yang hanya sebesar Rp36,82 Miliar (year on year / y-o-y)

Direktur Utama BCA Syariah, John Kosasih, mengatakan bahwa pertumbuhan laba tersebut ditopang melalui penyaluran pembiayaan yang turut mengalami kenaikan. Tercatat, sampai dengan Akhir Desember 2017, BCA Syariah telah mnyalurkan pembiayaan sebesar Rp4.19 Triliun.

“Tumbuh 21,03% jika dibandingkan tahun lalu yaitu hanya Rp3.46 Triliun,” lanjutnya.

Adapun mayoritas yang dibiayai oleh BCA Syariah terdapat pada segmen komersial yang memiliki porsi sebesar 76,11% dari total keseluruhan pembiayaan.

“Kedepan tentunya kita akan dorong pembiayaan konsumer serta UMKM karena potensinya semakin baik. Nasabah korporasi yang punya banyak karyawan potensinya besar,” ujarnya.

BCA SYariah juga mengalami peningkatan dari sisi aset, dimana total aset berhasil tumbuh 19,3% atau menjadi Rp5.9 Triliun. pertumbuhan tersebut didukung oleh DPK yang juga ikut meningkat 23,3% menjadi Rp4.7 Triliun.

Mengenai target bisnis di 2018, BCA Syariah membidik pertumbuhan pembiayaan serta DPK yaitu sebesar 15-20%. Kemudian juga menargetkan pertumbuhan aset sebesar 10-15%. Untuk meraih target tersebut, John Kosasih mengungkapkan bahwa BCA Syariah siap melakukan perluasan jaringan perbankan, dengan membuka outlet baru hingga 12 kantor, sehingga tahun ini total kantor layanan BCA Syariah mencapai 70 kantor pelayanan.

“Kami terus menggali kebutuhan eksisting nasabah BCA Syariah serta melakukan pengembangan produk strategis. Kami juga telah bermitra dengan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) sehingga kami membantu pendanaan,” ujarnya.

Industri perkebunan dan perdagangan masih akan menjadi salah satu sasaran pembiayaan di tahun 2018 ini. Pun, pihaknya akan terus menjaga rasio pembiayaan bermasalah atau non performing financing (NPF) di angka yang sehat yakni di bawah 1%. Saat ini NPF BCA Syariah tercatat sebesar 0,32%. []

About Author: WartaBank

Gravatar Image
Media Sinergitas Perbankan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *