Laba Bersih BNI Tumbuh 13,3% di Kuartal Pertama 2018

by
Kinerja gemilang BNI pada Kuartal I 2018 berhasil mencetak pertumbuhan laba bersih sebesar 13,3%

Bank BNI berhasil mencetak kinerja gemilang pada kuartal pertama tahun 2018 dengan melesatkan laba bersih sebesar Rp3.66 Triliun atau mengalami pertumbuhan yang cukup baik yaitu sebesar 13,3% jika dibandingkan raihan pada kuartal sama tahun sebelumnya yang hanya tercatat sebesar Rp3.23 Triliun (year on year / y-o-y).

Direktur Utama BNI, Achmad Baiquni dalam pemaparan kinerja BNI dihadapan awak media mengatakan bahwa penyaluran kredit yang baik menjadi penopang utama atas raihan laba bersih di Kuartal I/2018 tersebut. Dimana pada Kuartal I/2018, penyaluran kredit BNI tercatat sebesar Rp439.46 Triliun atau mengalami pertumbuhan sebesar 10,8% (y-o-y).

“Sehingga pertumbuhan kredit yang terjadi mendorong pendapatan bunga bersih BNI pada Kuartal I/2018 sebesar 9,5%. Laba tersebut juga dikontribusikan melalui Non Interst Income sebesar 18,5%,” terang Baiquni.

Peningkatan pendapatan non bunga tersebut, lanjut Baiquni, didorong oleh peningkatan kontribusi fee (komisi) dari segmen business banking, antara lain komisi dari trade finance yang tumbuh 47,7% sekaligus menunjukkan geliat perekonomian yang tetap terjadi di Indonesia.

Pendapatan Non Bunga BNI juga ditopang oleh pertumbuhan transaksi pada bisnis Consumer & Retail, antara lain dari pengelolaan rekening, transaksi kartu kredit, serta transaksi kartu debit.

“Pertumbuhan pendapatan non bunga ini jauh melampaui pendapatan non bunga di industri perbankan yang tumbuh negatif -4,2%,” ujar Baiquni. []

About Author: WartaBank

Gravatar Image
Media Sinergitas Perbankan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *