Menkeu: Lihatlah Ketidakpastian Global Sebagai Kesempatan

by

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati hadir pada acara CIMB Niaga Economic Forum 2017 yang diselenggarakan oleh PT CIMB Niaga dan Kamar Dagang Indonesia, belum lama ini di Ritz Carlton Pacific Place. Saat memberikan closing remarks-nya, Menkeu menjelaskan mengenai kondisi perekonomian Indonesia terkini, di tengah berbagai tantangan ketidakpastian global.

Menurut Menkeu, sebagai negara dengan penduduk yang besar, Indonesia harus melihat ketidakpastian yang terjadi pada ekonomi global sebagai sebuah kesempatan. Indonesia dapat menjadi pemain di pasar dunia yang menentukan dan juga akan mampu menciptakan stabilitas, apabila masyarakatnya secara inklusif dapat ikut serta di dalam menikmati setiap kemajuan dari perekonomiannya.

Sesuai tema acara “Navigating 2017: Anchoring Expectations, Finding Opportunities”, utamanya di sisi domestik, pemerintah akan memperbaiki komposisi demografi Indonesia, agar dapat menjadi masyarakat yang produktif, kompetitif, dan mampu memiliki daya beli.

”Anchoring the expectation is very important, oleh karena itu Pemerintah akan terus secara konsisten membuat insiatif langkah-langkah sampai dapat memperbaiki pondasi masyarakat Indonesia, ekonomi Indonesia, sosial Indonesia, sehingga benar-benar bisa menjadi suatu negara yang bisa mencapai tujuannya yaitu masyarakat yang adil dan makmur,” tegas Menkeu.

Saat ini, pertumbuhan masih didominasi oleh peran konsumsi masyarakat. Namun, konsumsi hanya dapat menjadi mesin pertumbuhan jika diikuti dengan pendapatan per kapita yang terus meningkat dan dinikmati oleh seluruh kelompok masyakat. “Suatu ekonomi akan tumbuh sehat apabila dapat menyeimbangkan antara upaya meningkatkan agregat demand, dari sisi investasi dengan kemampuan meningkatkan produksi di sisi permintaan. Sehingga keduanya bisa menciptakan pertumbuhan dengan penciptaan kesempatan kerja, pertumbuhan dengen penciptaan nilai tambah,” jelasnya.

About Author: WartaBank

Gravatar Image
Media Sinergitas Perbankan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *