Pemprov DKI Jakarta Gandeng bank bjb Buka Layanan Pembayaran PBB-P2

by
pemprov

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bekerja sama dengan bank bjb dalam hal Layanan Pembayaran Pajak Daerah khususnya Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2) secara elektronik. Pembayaran PBB-P2 melalui Gerai Indomaret merupakan salah satu perluasan yang dilakukan oleh bank bjb untuk memudahkan Wajib Pajak (WP) di Provinsi DKI Jakarta dalam melakukan pembayaran pajak sebelum jatuh tempo pada tanggal 31 Agustus 2017 agar tercapai target penerimaan PBB-P2 di Jakarta.

Pembangunan di Kota Jakarta khususnya pembangunan fisik membutuhkan dukungan pembiayaan yang sangat besar. Pendapatan Asli Daerah (PAD) Provinsi DKI Jakarta diharapkan utamanya adalah dari sektor pajak untuk untuk biaya pembangunan di Kota Jakarta, salah satu Pajak Daerah dengan penyumbang nilai terbesar adalah PBB-P2.

PBB-P2 menyumbang target senilai 7,7 Trilyun Rupiah pada tahun ini di Provinsi DKI Jakarta. Untuk itu, peranan warga Jakarta sebagai wajib pajak (WP) baik perorangan, pengusaha maupun badan usaha untuk dapat menunaikan kewajiban pembayaran PBB-P2 sebelum jatuh tempo pembayaran pada tanggal 31 Agustus 2017.

Dengan adanya kerjasama antara Pemprov DKI Jakarta dengan bank bjb tersebut, maka wajib pajak yang melakukan pembayaran pajak di Indomaret cukup menyampaikan Nomor Objek Pajak disertai tahun pajak yang akan dibayar, setelah itu proses pembayaran bisa dilakukan secara tunai atau dengan menggunakan kartu debit, batasan yang digunakan untuk pembayaran PBB melalui Indomaret yaitu nominal Pajak sampai dengan 5 Juta Rupiah. Wajib pajak Provinsi DKI Jakarta bisa melakukan pembayaran PBB di seluruh gerai Indomaret yang berjumlah 14.500 gerai di Indonesia.

Untuk Kebijakan kepada Masyarakat kecil dalam hal PBB-P2, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah membebaskan PBB dengan NJOP dibawah Rp. 1 Milyar sebanyak 1,1 juta SPPT, pengurangan PBB kepada Wajib Pajak karena kondisi tertentu atau terkena bencana alam, Rumah Sakit swasta dan Sekolah Swasta juga bagi Veteran, Purnawirawan dan Pensiunan PNS, pengurangan pokok dan penghapusan sanksi piutang PBB tahun 2013 kebawah sebelum dikelola oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Bagi Wajib Pajak PBB-P2 agar segera membayar PBB-nya dan pembayarannya pun mudah selain dapat dibayarkan di Indomaret, pembayaran PBB-P2 juga dapat dilakukan melalui 13 Bank dan Kantor Pos. Bayarlah sebelum terkena denda 2% sebulan, sebelum dilakukan penempelan tanda tunggakan dan sebelum dilakukan penagihan aktif. Bagi tunggakan PBB-P2 tiga tahun maka tidak akan diterbitkan SPPT PBB-P2, sedangkan proses penagihan tunggakan tetap dilakukan. Penagihan PBB-P2 dilakukan pengawasan oleh KPK-RI.

Sukses pembangunan Jakarta menjadi tugas dan kewajiban kita bersama sehingga partisipasi Wajib Pajak diharapkan dalam memberikan kontribusi nyata dengan membayar Pajak Daerah. Pajak yang anda bayarkan dikembalikan sepenuhnya kepada masyarakat.

bank bjb berharap dengan adanya layanan pembayaran PBB-P2, Wajib Pajak memiliki opsi dan menerima kemudahan sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak daerah. Hal ini dapat mendukung pencapaian target penerimaan setoran pajak daerah khususnya PBB-P2 di wilayah Kota Jakarta yang sejalan dengan pencapaian misi bank bjb, yaitu dapat mendorong laju pertumbuhan perekonomian Daerah serta sebagai salah satu program bank bjbdalam rangka mendukung peningkatan pendapatan daerah bagi Pemerintah Daerah di setiap wilayah operasional bank bjb berada khususnya dalam hal penerimaan pajak di Kota Jakarta.

About Author: WartaBank

Gravatar Image
Media Sinergitas Perbankan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *