Stabilitas Sistem Keuangan Terus Membaik

by
Stabilitas Sistem Keuangan Terus Membaik

Kondisi stabilitas makro ekonomi dan sistem keuangan tetap terkendali dalam rangka mendukung momentum pertumbuhan perekonomian nasional yang ditopang dengan daya tahan perekonomian yang kian membaik

Setelah melakukan rapat koordinasi bersama anggota Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK), yaitu Ketua Dewan Komite Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso, Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus DW Martowardojo dan Ketua Dewan Komite Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Halim Alamsyah, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, dihadapan media menyatakan bahwa kondisi sistem keuangan Indonesia saat ini terkendali dan hal-hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan momentum pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Baca Juga : Potensi & Target Pertumbuhan Kredit Perbankan 2018

Kondisi yang terkendali tersebut, lanjutnya, ditandai dengan tingkat inflasi yang rendah sesuai target, neraca transaksi berjalan pada tingkat yang sehat, aliran masuk modal asing yang stabil, nilai tukar rupiah yang terjaga, dan cadangan devisa yang menguat, serta kebijakan fiskal dengan tingkat defisit anggaran dan defisit primary balances yang lebih rendah dari target Anggaran Perencanaan dan Belanja Negara APBNP 2017.

Selain itu, kinerja perbankan dan pasar modal juga menunjukkan kondisi yang baik, performa dari SBN yang positif, adanya kecukupan dana penjamin simpanan, persepsi investor yang positif, serta prospek perekonomian Indonesia kedepan yang juga membaik.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Gubernur Bank Indonesia, Agus DW Martowardojo juga menyatakan bahwa stabilitas makro ekonomi dan stabilitas sistem keuangan cukup terjaga.

Baca Juga : Jokowi: Perbankan Harus Mendorong Pertumbuhan Ekonomi yang Berkualitas Melalui Kredit UMKM

“Kita melihat resiliensi perekonomian Indonesia semakin membaik, dan itu ditandai dengan inflasi yang terjaga, dan bisa sesuai dengan target selama 3 tahun terakhir. Nilai tukar stabil dan dana masuk ke Indonesia juga menunjukkan kondisi yang kuat. Kita lihat cadangan devisa juga cenderung meningkat,” papar Agus.

Secara umum dapat dicermati bahwa stabilitas sistem keuangan dalam kondisi baik dan tercemin dari industri keuangan yang kuat. Untuk kedepannya, KSSK mencermati tentang adanya beberapa tantangan dan resiko terhadap stabilitas sistem keuangan, baik yang berasal dari eksternal maupun internal (domestik).

About Author: WartaBank

Gravatar Image
Media Sinergitas Perbankan Indonesia

2 thoughts on “Stabilitas Sistem Keuangan Terus Membaik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *