Tiap Desa Akan Diguyur Rp1,4 Miliar pada 2019

by

Membangun daerah terdepan atau pedesaan menjadi prioritas pemerintah dalam upaya pemerataan ekonomi. Melalui Dirjen Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan, Boediarso Teguh Widodo, pemerintah memastikan akan mengguyur dana sebesar Rp1,4 Miliar pada tahun 2019.

“Tiap desa Rp1,4 Miliar , namun kami masih melakukan evaluasi lebih lanjut,” ujar Boediarso.

Menurut Boediarso, berbagai komponen dalam penyalurannya harus diperhatikan. Oleh karena itu, lanjutnya review dan tahap evaluasi dilakukan agar nantinya memiliki regulasi yang lebih baik. Sektor SDM termasuk aparat dan pendamping dana desa harus di tingkatkan kapasitasnya agar efektivitas dalam penyalurannya benar-benar baik.

Baca Juga : PP Properti Lakukan Ground Breaking Tujuh Proyek Strategisnya

“Jika capacity building SDM yang mengelola dana besar tersebut dikhawatirkan terjadi penyalahgunaan. Seperti pemborosan, inefisiensi juga akan menjadi tidak tepat sasaran,” jelasnya.

Lebih lanjut Boediarso memaparkan evaluasi yang akan dilakukan termasuk tujuan apakah dengan pemberian insentif terhadap desa-desa akan megatasi kemiskinan, menyerap tenaga kerja, serta mampu meningkatkan kompetensi di masyarakat khususnya daya beli masyarakat.

Baca Juga : 2018 Bank Syariah Mandiri Incar Pembiayaan Rp68 Triliun

“Pengelolaan dana desa harus ada perbaikan karena jika dilihat multiplier effect dirasakan belum efektif. Walau dana desa berhasil menurunkan angka kemiskinan namun belum terlalu signifikan,” ujarnya.

Menurutnya, harunya anggaran tersebut mengalami kenaikan 10 persen pada 2019, karena hal tersebut erujuk Undang-Undang (UU) Desa, mengalami kenaikan dari anggaran transfer ke daerah

Untuk diketahui bahwa APBNP 2017 pemerintah menganggarkan dana desa senilai RP60 Triliun atau sama dengan pagu dan desa dalam APBN 2018. Maka dengan demikian, tercatat 79.910 desa masing-masing akan mendapatkan dana sebesar Rp800 juta.

“Dalam APBNP 2017, pemerintah mengalokasikan dana desa sebesar Rp60 triliun atau sama dengan pagu dana desa dalam APBN 2018. Dengan pagu tersebut maka sebanyak 74.910 desa rata-rata mendapatkan dana desa sebesar Rp800 juta per desa,” paparnya. [] ct

About Author: WartaBank

Gravatar Image
Media Sinergitas Perbankan Indonesia

3 thoughts on “Tiap Desa Akan Diguyur Rp1,4 Miliar pada 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *