in , ,

20 Juta Kartu GPN BI Dipastikan Telah Terdistribusi

Kartu GPN BI

Kartu GPN BI atau Gerbang Pembayaran Nasional dipastikan oleh Bank Indonesia (BI) sebanyak 20 juta kartu telah terdistribusi sepanjang tahun 2018, dimana kartu GPN tersebut telah diterbitkan sejak Maret 2018 silam.

Menurut Kepala Departemen Elektronifikasi dan GPN Pungky Wibowo sampai dengan November 2018 sudah ada sebanyak 17,6 juta kartu GPN yang telah terdistribusi.

“Dalam rentan waktu sama sebanyak 28,5 juta kartu GPN juga telah tercetak,” ungkap Pungky.

Adapun pasca implementasi kartu GPN, aktivitas transaksi baik secara nominal dan volumenya mengalami peningkatan yang sangat signifikan, dimana pada Desember 2017 hanya terjadi 1,4 juta transaksi dengan nominal sebesar Rp461 miliar naik signifikan menjadi Rp9,9 juta transkasi dengan nominal Rp4,9 triliun pada bulan November 2018.

“Terjadi pertumbuhan dari sisi volume dan nomimnal perbulannya dengan rata-rata sebesar 20,85 persen dan 23,51 persen. Seiring peningkatan perluasan akseptasi layanan GPN kepada masyarakat maka diproyeksikan akan terus mengalami pertumbuhan,” jelasnya.

Sementara itu, di tahun 2019 menurut Pungky pihaknya akan terus meninngkatkan efektifitas dari kartu GPN tersebut serta memastikan implementasinya telah dilakukan oleh seluruh perbankan.

Kemudian, lanjut Pungky, meningkatkan GPN di merchant. Pungky menambahkan jika pihaknya terus melakukan sosialisasi serta edukasi kartu GPN untuk lebih meningkatkan awareness dan acceptance di masyarakat.

“Kami senantiasa terus memperluas implementasi kartu GPN untuk layanan lainnya seperti EBIPP dan pembayaran online. Di tahun 2019 BI akan mendorong agar jumlah kartu dapat terdistribusi sebanyak-banyaknya,” pungkasnya. []

Berita Bank

Written by Berita Bank

Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KREDIT KONSUMER

KREDIT KONSUMER BAKAL MELESAT DI 2019

KA Pangandaran

KA Pangandaran Beroperasi, Gambir – Banjar Lebih Seru dengan Promo BNI