Akuisisi Bank Syariah Bukopin, Ini Kata BTN

oleh
akuisisi Bank Syariah Bukopin

Isu akuisisi Bank Syariah Bukopin yang akan dilakukan oleh PT Bank Tabungan Negara Tbk / BTN dibantah oleh oleh Direktur Utama BTN Maryono. Menurutnya BTN berencana akan melakukan pemisahan antara unit usaha syariah (UUS) BTN dari bank induk. Meski demikian, rencana tersebut ada sedikit kendala, tetapi akan dijalankan apabila holding BUMN sudah terbentuk.

Ia menegaskan pihaknya tidak akan melakukan akuisisi Bank Syariah Bukopin untuk digabungkan dengan Unit Usaha Syariahnya (UUS) milik perseroan, yaitu BTN Syariah kelak.

Akuisisi Bank Syariah Bukopin Bagian Dari Spin Off

Maryono juga mengatakan, kalau rencana BTN melakukan akuisisi Bank Syariah Bukopin sebelumnya santer mencuat tidak lain guna memenuhi regulasi pemisahan (spin off) UUS dari bank induk. Bahkan dalam wawancaranya, Maryono juga menambahkan bahwa, keputusan pemisahan BTN Syariah sendiri akan dilakukan setelah holding keuangan terbentuk.

Adapun tanggapan dari Maryono mengenai hal tersebut adalah, mereka sedang mempersiapkan alternatif lain. Bisa saja UUS BTN mereka spin off atau bagaimana nantinya. Mereka tetap harus menunggu holding keuangan terbentuk dengan baik.

Tidak hanya itu saja, Maryono juga menambahkan bahwa, pembentukan holding BUMN keuangan saat ini masih sesuai jadwal. Meski demikian, Maryono masih enggan untuk memberitahu mengenai progresnya secara rinci.

Tetapi yang jelas kelak entitas anak anggota holding BUMN keuangan akan tetap masuk ke dalam struktur holding. Namun sementara itu, mereka membiarkan induk dari BTN terlebih dahulu untuk ditangani oleh BUMN.

Dan di lain tempat, yakni Eko Rachmansyah Gindo sebagai Direktur PT Bank Bukopin Tbk (BBKP) mengatakan, bahwa BTN batal untuk mengempit saham di Bukopin Syariah.

Eko mengungkapkan, belum ada pembahasan yang intensif hanya pembicaraan biasa. Namun, rencananya tetap akan pelepasan saham sebesar 40 persen.

Eko juga menambahkan, kalau saat ini book value Bukopin Syariah mencapai Rp750 miliar-Rp800 miliar. Dengan asumsi tersebut, maka pelepasan yang akan terjadi pada BTN adalah sekitar 40 persen, yakni senilai Rp 300 miliar. []

Tentang Penulis: Berita Bank

Gambar Gravatar
Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *