in , ,

Akuisisi BCA Terhadap Bank Kecil Segera Diumumkan

Akuisisi

Akuisisi yang dalam dunia ekonomi berarti pembelian suatu perusahaan oleh perusahaan lain memang ramai dibicarakan sejak awal tahun 2019, terkait dengan perbankan. Hal ini mengikuti aturan lembaga Otoritas Jasa Keuangan Bank Indonesia (OJK) tentang permodalan.

Akuisisi di dunia perbankan bertujuan untuk mneyelematkan modal bank kecil dan perluasan usaha bank besar yang melakukan pembelian perusahaan.

Baca Juga: Akuisisi Bank Besar, Akankah Berpengaruh Pada Perekonomian Indonesia

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) merupakan salah satu dari tiga besar bank yang ramai dibicarakan akan melakukan akuisisi terhadap bank dengan kategori BUKU 1. Sementara bank yang diperkirakan akan dibeli adalah Bank Ganesha, Bank Harda, dan Bank Royal.
Kemungkinan pembelian perusahaan Bank Royal sesuai dengan pernyataan Kepala Eksekutif Pegawai Perbankan Heru Krystiana pertengahan Febuari lalu.

Sementara, manajemen BCA sendiri kompak untuk tutup mulut mengenai bank apa yang akan diambil alih. Mereka hanya menyatakan benar adanya rencana pembelian.

Presiden Direktur BCA, Jahja Setiatmadja mengungkapkan pada acara Peluncuran Synergi, Rabu 27 Maret 2019. Pernyataan yang dibuat sehari setelah keputusan Bank Danamon melakukan merger atau penyatuan perusahaan ini berisi waktu pengumumuan pembelian bank kecil.

Menurut Jahja, kemungkinan pengumuman akuisisi akan dilakukan pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa di bulan Juni. Jika sudah disetujui RUPS-LB barulah akan diumumkan.

Meski Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan akan dilaksanakan 11 April 2019, Jahja menyatakan bahwa dalam rapat tidak akan membicarakan pembelian bank lain. Kondisinya belum siap.

OJK PROSES AKUISISI

Proses pembelian beberapa bank yang akan dilakukan BCA masih dalam proses dengan OJK. Proses akuisisi sudah memasuki tahap diligence, yaitu pemeriksaan surat-surat kelegalan, kondisi bank, dan nasabah sebagai konsumen bank. Dalam proses tersebut, BCA masih melakukan pengumpulan dan penyempurnaan dokumentasi yang dibutuhkan.

Baca Juga: Bank Mandiri Caplok Bank Permata?

Mengenai harga pembelian bank, Jahja mengabarkan bahwa sudah terjadi kesepakatan. Hanya saja, nanti akan disesuaikan lagi dengan hasil diligence. Harga yang disepakati bisa menurun bila kondisi bank tidak sempurna.

Adapun skema kerjasama antar bank setelah dilakukan akuisisi akan diumumkan sekaligus pada bulan Juni nanti. Tentunya jika proses yang sudah dilakukan disetujui RUPS-LB. []

Written by Berita Bank

Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ekonomi indonesia

Ekonomi Indonesia Berprospek Tumbuh Berkelanjutan

Pendapatan Komisi

Total Aset BTN Mengalami Kenaikan Pesat