Alami Fintek Sharia Bidik Pinjaman Rp80 Miliar

oleh
Fintech

Fintech atau Industri Financial Technologi di Indonesia, saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesat. Dalam tiga tahun terakhir ini saja, banyak industri finansial ini yang telah mendaftarkan diri pada Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dua sektor yang sangat berkembang dari industri ini, terutama pada P2P atau peer to peer lending dan sistem pembayaran.

Salah satu fintech yang baru-baru ini terdaftar di OJK adalah PT Alami Fintek Sharia. Perusahaan ini bersektor pada pinjaman yang berbasis syariah. Dan telah berencana untuk menargetkan penyaluran pinjamannya sebesar Rp80 miliar untuk tahun 2019 ini.

CEO dari Alami, Dima Djani mengatakan, dengan telah terdaftarnya perusahaan mereka sebagai pelaku fintech di Indonesia, telah menjadi pijakan awal sebagai pemenuh kualifikasi kelayakan. Selanjutnya mereka akan lebih mengutamakan kepatuhan pada regulator.

Adapun untuk memenuhi target yang telah ditetapkan oleh perusahaan fintech Alami, Dima Djani mengungkapkan akan melakukan beberapa stategi. Salah satu yang menjadi perhatian utama adalah dengan mengoptimalkan kepuasan bagi para penggunanya. Mereka telah merancang situs yang memberikan kemudahan dalam melakukan navigasi. Menggunakan situs senyaman para pengguna menggunakan sosial media mereka (user-friendly).

Di samping itu juga, strategi yang akan dilakukan Alami adalah memberikan edukasi kepada target pasar mereka melalui konten-konten yang ada di sosial media. Juga, mereka akan melakukan pemasaran secara offline, dengan bekerjasama dengan para penggiat UKM. Karena Alami telah menargetkan pasar kepada mereka yang melakukan pembiayaan produktif.

Fintech Berbasis Syariah

Menurut Dima Djani, saat ini fintech yang berbasis syariah hanya ada tiga di Indonesia dari 106 perusahaan financial yang terdaftar di OJK. Alami sangat berpegang teguh pada komitmen untuk menerapkan prinsif syariah dalam pelaksanaannya, baik itu untuk keadilan dan juga transparansi.

Demi untuk terwujudnya hal ini, Alami memberikan keleluasaan bagi para investor untuk memilih sendiri UKM yang akan diberikan modal pinjaman dan akan menampilkan data hasil skoring UKM tersebut.

Untuk transaksi keamanannya, Alami telah bekerjasama dengan Bank Permata Syariah untuk penampungan transaksi keuangan oleh para UKM. Dan tentu saja hal ini juga dilakukan dengan akad syariah, sesuai dengan fatwa Dewan Syariah Nasional MUI. []

Tentang Penulis: Berita Bank

Gambar Gravatar
Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *