in , , ,

Asuransi Jiwa Tradisional Masih Bisa Tumbuh Dobel Digit di 2019

asuransi jiwa

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) memperoyeksikan jika asuransi jiwa tradisional pada tahun 2019 masih akan tumbuh. Setelah melalui kondisi yang kurang baik di tahun ini, kondisi market akan kembali bergairah pada tahun depan.

Menurut Ketua Bersama Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Maryoso Sumaryono, asuransi tradisional masih memiliki produk-produk yang prospektif di tahun 2019. Lebih lanjut ia mengatakan masih banyak terdapat segmen masyarakat yang memiliki prioritas terhadap aspek perlindungan pada saat membeli produk asuransi jiwa.

“Sementara itu untuk produk investasi dilakukan pada instrument yang berlainan,” ujarnya.

Oleh karenanya, Maryoso mengatakan, kedua produk tersebut memiliki segmen masing-masing sehingga produk tradisional secara penjualnnya tidak akan tertutup oleh potensi kinclongnya kinerja unitlink.

“Trennya pertumbuhan premi rata-rata tumbuh dua digit,” terangnya.

Disamping itu, tingkat penetrasi asuransi jiwa di Indonesia masih sangat rendah. Hal ini bisa menjadi peluang bagi asuansi jiwa untuk masuk ke pasar lewat produk dasar berupa produk proteksi yang relatif lebih sederhana.

Walau produk unitlink masih mendominasi portofolio premi asuransi jiwa sejauh ini, Maryoso menilai produk tradisional bisa kembali tumbuh dua digit di tahun depan.

Pertumbuhan asuransi tradisional diprediksi berjalan beriringan dengan proyeksi total premi pada tahun 2019. Dimana asosiasi memperkirakan bisa berada di atas 16%.

Sebagai informasi, hingga kuartal III-2018 premi yang didapat pelaku usaha dari penjualan produk tradisional tercatat sebesar Rp 58,4 triliun. Jumlah tersebut merepresentasikan 41,6% dari total premi yang masuk kantong industri selama sembilan bulan pertama tahun ini sebesar Rp 140,9 triliun. []

Berita Bank

Written by Berita Bank

Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

kredit agribisnis BNI

Kredit Agribisnis BNI Tumbuh 5,1 Persen

Bank QNB Indonesia

Bank QNB Indonesia bersih-bersih NPL