Bank BRI Terus Dorong Perekonomian Melalui UMKM

oleh
Bank BRI

Bank BRI memang menjadi lokomotif bagi penyaluran kredit di sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Karena itulah, bank ini mendukung penuh agenda-agenda penting yang digalakkan pemerintah. Salah satu agenda tersebut yakni menekan angka kemiskinan, kesenjangan, serta terus mendorong pertumbuhan ekonomi secara inklusif.

Direktur Utama Bank BRI, Suprajarto mengatakan bahwa pelaku UMKM tersebut jumlahnya mencapai seperempat dari penduduk Indonesia. Karenanya, dengan membuka akses keuangan di sektor ini, dinilai sangat penting untuk kemajuan ekonomi Indonesia.

Sektor UMKM juga dinilai akan terus berkembang karena berbagai sebab. Antara lain resources pasar Indonesia yang melimpah dan potensinya yang besar akan jadi prospek yang bagus.

Potensi yang ada di negeri ini juga sangat beragam. Sebut saja tersedianya bahan baku, demografi yang bagus, serta berbagai produk UMKM yang banyak. Di sinilah membutuhkan peranan modal dan investasi. Hal ini terutama berlaku pada perbankan yang akan memberi fasilitas dalam mobilisasi dana masyarakat.

Bank BRI Jadi Lokomotif Kredit

Disebabkan kedekatannya dengan sektor UMKM dan jaringan yang luas, ini menjadi keuntungan tersendiri bagi Bank BRI. Bank ini berhasil menjadi lokomotif untuk menyalurkan kredit bagi pelaku papan bawah. Kredit itu pun dimulai dari kredit yang sifatnya komersial atau subsidi dari pemerintah.

Hal tersebut ditunjukkan BRI dengan pencapaiannya selama tahun 2018 lalu. Bank ini berhasil menyalurkan dana KUR sebesar 3,9 juta pengusaha gurem di Indonesia. Total untuk ini mencapai Rp80,2 triliun atau sekitar 65,9 persen dari seluruh total target penyaluran KUR nasional yakni Rp123,56 triliun.

Jika ditotal dari tahun 2015 lalu, BRI telah berhasil menyalurkan dana KUR sampai Rp235,4 triliun untuk 12,6 juta para pelaku UMKM. Untuk penyaluran kreditnya, BRI juga mampu berdiri di depan dari 20 persen yang diwajibkan BI.

Di tahun lalu, porsi kredit yang disalurkan Bank BRI sebesar 76,50 persen dari total kredit yang mencapai Rp843,60 triliun. Sedangkan jumlah kredit yang mencapai Rp645,70 triliun punya pangsa 66 persen untuk total kredit UMKM bank lainnya.

Upaya ini diakui sebagai salah satu usaha konkret BRI untuk mendorong ekonomi kerakyatan yang menyentuh grassroot. []

Tentang Penulis: Berita Bank

Gambar Gravatar
Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *