Bank BTN Siap Ambil Alih Kuota FLPP

oleh
Bank BTN

Bank BTN dan beberapa bank yang lain telah kehabisan kuota FLPP. Karenanya, pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan mengalihkan kuota fasilitas likuiditas dan pembiayaan perumahan (FLPP) tersebut ke BTN. Utamanya, untuk bank-bank yang tidak perform dalam menuntaskan kuota FLPP.

Eko D. Heripoerwanto selaku Dirjen Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Kementerian (PUPR), menjelaskan pada Selasa (30/7) mengenai hal ini. Menurutnya, ukuran sebuah bank yang tidak perform adalah jika sepanjang semester I 2019 tidak bisa menyalurkan sampai 25 persen.

Eko juga menambahkan bahwa ada sekitar 5.000 unit rumah FLPP yang akan diambil alih oleh Bank BTN dan bank lain. Prosesnya pun sedang dipersiapkan. Persiapan ini tidak perlu menunggu revisi APBN 2019, pihak PUPR hanya tinggal membuat surat saja untuk bank yang bersangkutan.

Di sisi lain, Direktur Utama BTN, Maryono, mengatakan bahwa perseroannya siap mengambil alih kuota FLPP tersebut. Pihaknya siap menerima berapa pun jumlah kuota karena memang permintaan masih tinggi sementara kuota BTN sudah habis.

BTN telah mencatat evaluasi kuartal II-2019, dana FLPP yang telah disalurkannya mencapai 46.174 unit. Jika dilihat dari presentasenya, maka telah mencapai 67 persen dari target sebesar 68.858 unit.

Ada 39 bank yang melaksanakan penyaluran dana FLPP tahun 2019, terdiri dari 9 Bank Umum Nasional serta 30 Bank Pembangunan Daerah. Sebanyak 18 bank pelaksana bisa menyalurkan KPR FLPP tersebut lebih dari 50 persen dari kuota yang telah diberi berdasarkan Perjanjian Kerjasama Operasional (PKO).

Bank pelaksana yang berhasil tersebut antara lain Bank BTN, BNI, BTN Syariah, BRI, Bank Jabar Banten, serta Mandiri. Tak ketinggalan juga Bank Sulselbar, Bank Kalsel, Bank Kalbar, Bank Kalsel Syariah, Bank Jatim Syariah, Bank Jatim, Bank Sumselbabel Syariah, juga Bank Aceh. Bank Jambi, Bank Sumselbabel, Bank Jambi Syariah dan Bank Nagari juga berhasil menyalurkan dana FLPP. []

Tentang Penulis: Berita Bank

Gambar Gravatar
Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *