Bank Bukopin Sosialisasi dan Edukasi Budaya Perusahaan Baru

oleh
Bank Bukopin

Bank Bukopin pada perayaan Hari Ulang Tahunnya yang ke-49 bulan Juli lalu meluncurkan corporate culture baru. Corporate culture atau budaya perusahaan yang baru tersebut bertajuk “I CAN”. Tidak lama setelah peluncuran, budaya tersebut mulai diresmikan untuk selanjutnya disosialisasi dan edukasi ke seluruh kantor cabang Bukopin di Indonesia.

Experiental learning budaya perusahaan baru mulai dilakukan bersamaan dengan diselenggarakannya family gathering di kantor cabang. Kantor cabang yang pertama kali melakukannya adalah kantor Mataram dan Sorong. Setelah itu dan sampai saat ini, kegiatan serupa sudah dilakukan sekitar 35 kantor cabang di berbagai wilayah.

Artinya Bank Bukopin telah melakukan edukasi dan sosialisasi pada cabang-cabang di Palu, Pontianak, Surabaya Malang, Sidoarjo, Probolinggo, Kediri, Madiun. Kemudian Tegal, Jember, Semarang, Banyuwangi, Solo, Yogyakarta, Magelang, Purwokerto, Cirebon, Banjarmasin, Batam, Tanjung Pinang, Samarinda, Balikpapan, Manado, Bandar Lampung, Palembang. Setelah itu, tasikmalaya, Jambi, Kupang, Makasar, Parepare, Denpasar, Medan, Padang, Pekan Baru, dan Banda Aceh.

Budaya dan Visi Misi Baru Bank Bukopin

Direktur Utama Bank Bukopin, Eko Rachmansyah Gindo menjelaskan, alasan pihak perseroan bersusah payah edukasi dan sosialiasi budaya baru perusahaan. Menurut Eko, sosialisasi tersebut perlu dilakukan agar nilai-nilainya dapat dipahami dan diimplementasikan oleh seluruh karyawan yang berada di bawah naungan perusahaan.

Alasan di atas juga menjadi penyebab kegiatan experiental learning diikuti seluruh karyawan dari berbagai level. Kegiatan diikuti mulai dari Branch Manager Bank Bukopin Cabang serta seluruh karyawan di cabang.

Sebelum meluncurkan apa yang disebut sebagai budaya baru perusahaan, pihak perseroan telah melakukan kajian mendalam.

Tidak hanya budaya yang dikaji, tetapi juga visi dan misi perusahaan. Ini dilakukan untuk memastikan bahwa arah bisnis Bank Bukopin sebagai perseroan masih relevan dengan perkembangan industri perbankan. Perkembangan di Indonesia saat ini dan masa yang akan datang.

Berdasarkan kajian yang telah dilakukan secara menyeluruh, visi Bukopin berubah, yaitu Menjadi Lembaga Keuangan Pilihan Utama di Indonesia. Sedangkan misi bank yang baru adalah Memahami dan Memberi Solusi kepada Nasabah.

Visi dan Misi baru tersebut kemudian diimplementasikan pada budaya perusahaan baru, yang disebut I CAN. Budaya yang dimaksud adalah aspek Integrity (Integritas), Competent (kompeten), Care (peduli), Accountable (akuntabilitas), dan Never Give Up atau pantang menyerah.

General Manager Sumber Daya Manusia Bank Bukopin Arifin Joyodiguno menambahkan penjelasan Eko Rachmansyah. Menurut Arifin, sosialisasi budaya baru yang diselenggarakan seluruh kantor cabang akan memacu kinerja karyawan. Dengan semangat dan kinerja yang tinggi dari karyawan, maka perseroan akan memberikan pelayanan terbaik bagi para stakeholders. []

Tentang Penulis: Berita Bank

Gambar Gravatar
Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *