Bank Bukopin Tingkatkan Kredit UMKM

oleh
Bank Bukopin

Bank Bukopin menandatangani perjanjian kerja sama penyiapan modal kerja untuk Gading Auto Centre (GAC). Pembiayaan modal kerja stok kendaraan bermotor atau showroom financing sedikitnya akan memberikan Rp50 miliar.

Penandatanganan perjanjian kerja sama atau Memorandum of Understanding (MoU) dari pihak Bukopin, dilakukan oleh Direktur UMKM Bukopin Heri Purwanti, Direktur Komisioner Bukopin Rivan A. Purwanto, General Manager Bisnis Regional I Bukopin Imam Hurustyadi, dan Direktur Utama PT Bukopin Finance Tri Djoko Roesiono. Sementara dari pihak pengelola Gading Auto Centre diwakili oleh Tony yang menandatangani perjanjian.

Bank Bukopin Biayai GAC

Direktur UMKM bank Bukopin, Heri Purwanto mengemukakan, rincian pembiayaan yang dilakukan pihaknya. Pembiayaan rencana dimaksudkan untuk membiayai mitra showroom yang sudah bekerja sama dengan Gading Auto Centre, perusahaan penjualan mobil baru dan bekas yang terletak di Jakarta Utara. Gading Auto Centre sendiri saat ini sudah bekerja sama dengan 27 mitra showroom.

Fasilitas pembiayaan yang diberikan kepada masing-masing showroom GAC sebesar 2,5 miliar dengan bunga bersaing. Selain itu, untuk mendapatkan pembiayaan alias kredit melalui GAC juga dipermudah dengan persyaratan lebih ringan dan proses yang cepat. Nasabah dari sini juga diberi fasilitas promo free biaya provisi kredit.

Selanjutnya, menurut Heri, Bank Bukopin kerja sama pembiayaan yang dilaksanakan diharapkan dapat mendorong peningkatan kredit Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) senilai dengan pembiayaan yang dikeluarkan, yaitu Rp50 miliar.

Perseroan berharap dengan pola pembiayaan yang bekerja sama dengan showroom dapat mendorong pertumbuhan kredit segmen UMKM Bukopin. Pertumbuhan kredit segmen ini pada semester I 2019 yang berakhir bulan Juni masih di bawah 5 persen. Pertumbuhan yang dianggap belum signifikan karena kondisi perekonomian Indonesia masih belum stabil.

Rivan A. Purwantono menjelaskan bahwa, perjanjian kerja sama Bank Bukopin dengan Gading Auto Centre melibatkan anak perusahaannya, yaitu Bukopin Finance. Ketika pembiayaan berjalan, Bukopin Finance yang akan berperan menyalurkan kredit kepemilikian kendaraan bermotor kepada end user atau konsumen langsung.

Hal tersebut sesuai dengan strategi Bank Bukopin untuk terus memacu pertumbuhan bisnis ritel melalui segmen konsumer dalam rangka meningkatkan penyaluran pembiayaan kendaraan bermotor. Strategi yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2018 bersinergi dengan Bukopin Finance.

Di akhir keterangannya, Heri menambahkan bahwa Bank Bukopin yakin perekonomian Indonesia akan berangsur pulih di tahun ini. Ditambah dengan berbagai strategi dan produk baru yang menggebrak pasar akan membuat pertumbuhan kredit di akhir tahun 2019 tumbuh secara signifikan. []

Tentang Penulis: Berita Bank

Gambar Gravatar
Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *