Bank Daerah Pacu Kredit Investasi

oleh
Bank daerah

Bank daerah mulai menikmati realisasi dari kredit investasi yang sebelumnya banyak dinikmati oleh bank-bank besar.

Sebut saja bank jatim yang mulai berupaya meningkatkan segmen kredit pada sektor investasi. Dimana sampai dengan Februari 2019 bank berkode saham BJTM tersebut telah menyalurkan kredit investasi sebesar Rp775,45 miliar atau tumbuh tipis 1,23 persen.

Menurut Direktur Keuangan Bank Jatim Ferdian Timur Satyagraha, di awal tahun pertumbuhan kredit pada segmen investasi terlihat signifikan. Tetapi realisasinya lebih banyak berupa penarikan dari fasilitas kredit yang sudah dibuka sejak akhir 2018.

“Bank jatim sebagai bank daerah terus meningkatkan segmen ini,” tuturnya.

BACA JUGA: SYARAT KUR BRI, SANGAT MUDAH

Bank jatim, lanjut Ferdian, tetap optimistis pertumbuhan kredit investasi dapat terakselerasi sampai triwuan I tahun 2019. Pihaknya membidik target pertumbuhan kredit investasi mencapai 34,91 persen dibandingkan triwulan IV tahun 2018 dengan penyaluran mencapai Rp1,03 triliun.

“Industri perhotelan menjadi andaan kami dalam mendorong pertumbuhan kredit investasi,” ujarnya.

Senada dengan bank daerah lainnya yaitu bank bjb yang juga membidik petumbuhan kredit investasi mencapai double digit.

Menurut Corporate Secretary bank bjb Muhammad Asadi Budiman, pihaknya sangat fokus membidik pertumbuhan pada sektor tersebut.

Lebih lanjut ia mengatakan jika strategi yang diterapkan pada awal tahun 2019 sedikit berbeda. Dimana kredit modal kerja tumbuh lebih tinggi dibandingkan kredit investasi.

“Sampai dengan triwulan I taun 2019 kami berharap kredit investasi bisa tumbuh hingga 14,06 persen (yoy),” ujar pria yang akrab disapa Adi tersebut.

Sementara itu bank berkode saham BJBR tersebut sampai dengan Februari 2019, telah menyalurkan kredit investasi senilai Rp 15 miliar.

Sebagai tambahan, pada Januari 2019 Bank Indonesia mencatat realisasi kredit investasi mencapai Rp1.318,6 triliun dengan pertumbuhan 12,6 persen (yoy). Dimana tahun ini bank daerah banyak membidik target pertumbuhan kredit investasi yang lebih baik. Sehingga pertumbuhan bisa tumbuh sejalan dengan rata-rata industri.

Capaian tersebut lebih besar dibandingkan Desember 2018 dengan nilai Rp1.295,8 triliun dan pertumbuhan 10,6 persen (yoy). []

Tentang Penulis: Berita Bank

Gambar Gravatar
Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *