in , ,

Bank DBS Indonesia Perpanjang Addendum Perjanjian Kerjasama Dukcapil

Bank DBS

Bank DBS Indonesia melakukan Adendum Perjanjian Kerja Sama dengan Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Hal itu terkait pemanfaatan Nomor Induk Kependudukan (NIK), pemanfaatan data kependudukan, dan pemanfaatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik.

Ini merupakan tindak lanjut dari Nota Kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Kemendagri yang ditandatangani pada 19 Februari 2019.

Perjanjian kerja sama ini memberikan gambaran bahwa lembaga pengguna data kependudukan yang bersumber dari Kemendagri telah berkomitmen untuk memanfaatkan KTP Elektronik dan data kependudukan berbasiskan NIK. Hal itu digunakan dengan mengoptimalkan pelayanan serta perencanaan pembangunan dan pelayanan publik ke depan yang lebih baik.

Disebutkan, Bank DBS Indonesia telah memanfaatkan kartu tunggal yaitu KTP-elelktronik dalam kebutuhan administrasi layanan perbankan berbasis kependudukan.

Presiden Direktur PT Bank DBS Indonesia Paulus Sutisna mengatakan pihaknya menyambut baik sinergi strategis yang terus dilakukan antara pemerintah dan swasta ini guna turut mensukseskan program pemerintah mengenai penggunaan alat verifikasi tunggal, KTP elektronik.

“Kerja sama ini akan sangat membantu kami dalam meningkatkan efisiensi transaksi dan memudahkan identifikasi calon nasabah,” ujarnya dalam keterangan tertulis.

Selain itu, pemanfaatan data kependudukan melalui KTP elektronik juga mampu meningkatkan keamanan data nasabah dan mencegah manipulasi data atau indikasi lain.

Sebagai informasi, DBS merupakan grup jasa keuangan terkemuka di Asia, dengan kehadiran di 18 pasar. Dijelaskan, DBS memiliki pertumbuhan dalam tiga sumbu pertumbuhan utama Asia, yakni China, Asia Tenggara, dan Asia Selatan. []

Berita Bank

Written by Berita Bank

Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pembiayaan UMKM

Pembiayaan UMKM: Kinerja Bank BJB Disoroti

Layanan tokenization

Layanan Tokenization: Bisa Gandeng E-Commerce