Bank DKI Dorong Digitalisasi Perbankan Dengan Transkasi Non Tunai

oleh

Dorong penerapan transaksi non tunai, Bank DKI siap mendorong digitalisasi perbankan di DKI Jakarta, khususnya di lingkup Pemprov DKI Jakarta dimana seluruh transaksi sudah menggunakan non tunai.

Corporate Secretary Bank DKI, Zulfarshah mengatakan bahwa Bank DKI mendukung transaksi non tunai Pemprov DKI Jakarta melalui sistem Jakarta One, antara lain e-Retribusi, penyaluran transaksi untuk subsidi pangan dan subsidi transportasi untuk pemegang Kartu Jakarta Pintar, Pajak Kendaraan Bermotor melalui pembayaran non tunai/ less cash dan digitalisasi STNK, yang bekerjasama dengan Pemprov DKI Jakarta dan Polda Metro Jaya, e-samsat, e-ticketing, e-Parking, dan lain sebagainya.

Penerapan transaksi non tunai tersebut juga mencakup sektor pendidikan di DKI Jakarta, dimana Bank DKI turut berpartisipasi membangun Sistem Informasi Akuntabilitas Pendidikan Bantuan Operasional Sekolah – Bantuan Operasional Pendidikan (SIAP BOS BOP) berbasis Cash Management System (CMS) Bank DKI yang diberi nama CMS – SIAP BOS BOP. Bank DKI juga turut mendorong optimalisasi penerimaan pajak daerah khususnya Pajak Kendaraan Bermotor.

Selain penerapan transaksi non tunai Bank DKI terus mendorong pertumbuhan berbagai sektor di DKI Jakarta seperti infrastruktur, layanan publik, pendidikan, UMKM serta bersinergi dengan Badan Usaha Milik Daerah lainnya di DKI Jakarta. Terkait dengan UMKM, Bank DKI telah menyalurkan kredit secara massal kepada 72 UMKM binaan OK OCE dengan maksimal plafon kredit per debitur mencapai Rp10 juta dengan tingkat bunga 7% sebagai salah satu bagian dari implementasi misi Bank DKI dalam menjadi bank pilihan transaksi pada segmen UMKM.

Pelaku UMKM di DKI Jakarta juga akan terus didorong menjadi merchant JakOne Mobile Dengan menjadi merchant JakOne Mobile, pelaku UMKM di DKI Jakarta akan lebih mudah melakukan monitoring transaksi pembayaran dan transaksi keuangan. JakOne Mobile memiliki teknologi scan to pay di mana konsumen hanya perlu menggunakan smartphone-nya untuk melakukan pembayaran dan secara otomatis masuk ke rekening pedagang/ pelaku UMKM. []

Tentang Penulis: Berita Bank

Gambar Gravatar
Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *