Bank Ganesha Bidik Pertumbuhan Kredit 12 Persen

oleh
Bank Ganesha

Bank Ganesha bertekad untuk melakukan ekspansi bisnis secara agresif di tahun ini. Hal tersebut disebabkan kredit perseroan mereka tahun lalu stagnan saja. Di tahun ini, perseroan membuat target penyaluran kredit akan tumbuh sampai 12 persen dari Rp2,9 triliun di tahun sebelumnya.

Untuk bisa mencapai target itu, Bank Ganesha lebih fokus untuk menggenjot penyaluran kredit di usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Untuk korporasinya, bank ini hanya akan meningkatkan kredit ke sektor yang catatan kualitasnya bagus.

Setelah terjebak dalam kredit yang macet dengan perusahaan mulifinance yakni SNP Finance, bank ini mengurangi portofolionya. Kasus tersebut sampai sekarang masih diajukan ke pengadilan. Kualitas aset dari Bank Ganesha bisa dikatakan buruk setelah kasus ini, karena tercatat memiliki tagihan sampai dengan Rp77 miliar. NPL gross bank ini juga naik secara drastis dari 0,2 persen sampai 4,25 persen. Sedang NPL nett hanya naik sedikit saja, dari 0,81 persen menjadi 0,83 persen.

Sedang untuk menggenjot kredit UMKM, bank ini menggandeng perusahaan fintech Amartha. Perusahaan tersebut memang fokus dalam melakukan pembiayaan di sektor itu. Perseroan tidak khawatir sama sekali dengan kerja sama ini.

Direktur bisnis PT Bank Ganesha, Setiawan Kumala menyatakan, bahwa perseroan sudah mempelajari bagaimana cara kerja dan bisnis perusahaan Amartha. Setiawan berujar pihaknya tidak tertarik untuk melakukan kerja sama dengan fintech yang fokusnya konsumtif saja. Sedang Amartha fokus pada kredit SME dan menyalurkan kredit ke desa yang non-bankable. Hal tersebut juga merupakan program pemerintah saat ini. Amartha juga memiliki proses yang membuat pihaknya bisa tahu siapa saja calon nasabah mereka.

Untuk memitigasi risiko kredit dari kerja sama tersebut, Ganesha menyarankan Amartha untuk membeli asuransi kredit. Untuk ke depannya, bank ini akan terus meningkatkan kerja sama dengan mitra fintech dalam penyaluran kreditnya. Perseroan ini juga akan mempertahankan suku bunga yang tetap kompetitif.

Sama halnya dengan penyaluran kredit, Bank Ganesha juga menargetkan pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) sampai 12 persen di tahun ini. []

Tentang Penulis: Berita Bank

Gambar Gravatar
Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *