Bank Ganesha Catat Penurunan Laba Bersih

oleh
Bank Ganesha

Bank Ganesha membukukan penurunan laba bersih yang cukup mengejutkan, yaitu 84,4 persen dari tahun sebelumnya. Jika tahun 2017 lalu laba yang diraih mencapai Rp50,5 miliar, maka pada akhir periode tahun 2018 hanya sebesar Rp7,83 miliar saja.

Hal ini dikarenakan tingginya nilai pengalokasian Cadangan Kerugian Penurunan Nilai (CKPN) yang mencapai Rp85,5 miliar. Meningkat sebesar 155,9 persen dari tahun 2017 yang hanya senilai Rp33,4 miliar.

Sebenarnya bank swasta ini masih membukukan laba operasional sebesar Rp96,52 miliar, turun 5,1 persen dari tahun 2017. Tingginya CKPN yang ditetapkan di tahun 2018 dimaksudkan untuk meredam potensi kredit bermasalah (NPL-Non Performing Loans). Namun memang CKPN akan mengurangi laba bersih tahun berjalan.

“Jadi bukan kami tidak menghasilkan laba,” ujar Direktur Utama Bank Ganesha, Lisawati.

Pencadangan ini harus dilakukan untuk menghadapi tingginya potensi kredit bermasalah di Bank Ganesha, terutama akibat kasus kredit macet SNP Finance. Kasus ini menyumbang margin yang cukup besar pada kenaikan NPL, dengan total tagihan tak terbayar sebesar Rp77 miliar.

Sejauh ini efek dari meningkatkan CKPN cukup signifikan untuk menekan NPL. Terbukti NPL gross pada bulan Maret 2019 yang mencapai 4 persen bisa ditekan hingga 1,4-1,5 persen pada bulan April 2019.

Berkaca pada kasus kredit macet SNP Finance, Bank Ganesha melakukan berbagai langkah strategis di awal tahun 2019 ini. Bank swasta ini akan mengurangi pemberian kredit di sektor multifinance dan akan beralih untuk fokus pada sektor UMKM.

“Selain itu, kami juga akan mengubah portofolio, termasuk merevisi tata cara pemberian kredit,” ujar Lisawati lebih jauh.

Bank Ganesha juga akan bekerja sama dengan Amartha, sebuah perusahaan financial technology untuk mengalihkan kredit ke sektor usaha mikro dan menengah. Hal ini dilakukan jajaran manajemen demi mengurangi risiko kredit bermasalah. Lebih jauh, diharapkan performance bank di masa mendatang akan lebih baik lagi. []

Tentang Penulis: Berita Bank

Gambar Gravatar
Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *