Bank Jatim Bukukan Kinerja Gemilang

oleh
Bank Jatim

Bank Jatim atau PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk, mencatat adanya kinerja yang positif di Triwulan I 2019 ini. Karena kinerja baik tersebut, aset bank ini bisa mencapai Rp63,1 triliun atau tumbuh sampai 14,06 persen. Sementara itu, laba bersih yang diperoleh mencapai Rp405,5 miliar atau tumbuh sampai 7,61 persen yoy.

Hal ini berdasarkan pada laporan keuangan yang telah dipublikasikan Kamis, 11 April 2019 ini. Disebutkan bahwa selama triwulan I, Bank Jatim berhasil meraih pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) sampai 15,16 persen yoy. Angka ini tercatat sebesar Rp51,82 triliun.

Pertumbuhan Dana Pihak Ketiga yang dinilai signifikan tersebut menandakan bahwa kepercayaan masyarakat pada ini juga mulai meningkat. Peningkatan tersebut juga diperkuat dengan CASA rasio sebesar 69,80 persen. Perlu diketahui, selama lebih dari 15 tahun ini, CASA rasio Bank Jatim selalu berada di atas 65 persen.

Sedang jika dilihat dari sisi pembiayaan, bank ini mencatat pertumbuhan dan penyaluran kredit dalam jumlah yang cukup besar. Angka tersebut mencapai Rp33,7 triliun atau dikatakan tumbuh 7,27 persen yoy.

Kredit di sektor korporasilah yang menjadi penyumbang terbesar. Dalam hal ini, kredit tersebut mencapai Rp7,15 triliun atau meningkat sebanyak 16,61 persen yoy.

INOVASI BANK JATIM

Dari komposisi rasio keuangan Bank Jatim sendiri, di periode Maret 2019 ini tercatat sebagai berikut. Jumlah Return on Equity (ROE) mencapai 21,11 persen, Net Interest Margin (NIM) mencapai 6,52 persen, serta Return on Asset (ROA) mencapai 3,63 persen. Sedang untuk Biaya Operasional dibandingkan dengan Pendapatan Operasional (BOPO), kesimpulannya masih tetap terjaga pada angka 62,70 persen.

Seperti yang diketahui, selama triwulan I 2019 ini Bank Pembangunan Daerah tersebut telah meluncurkan berbagai inovasi. Inovasi itu berbasis digital banking yang bertujuan mempermudah para nasabah dalam melakukan transaksi.

Pada awal tahun misalnya, bank ini resmi meluncurkan e-form kredit. Setelah itu, diluncurkan juga fasilitas terbaru berupa QR Code yang diberi nama Jatim Code. Hal ini ternyata bisa mendongkrak pertumbuhan laba Bank Jatim sendiri. []

Tentang Penulis: Berita Bank

Gambar Gravatar
Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *