Bank Rakyat Indonesia: Hadir dan Peduli Masyarakat Kecil

oleh
Bank Rakyat Indonesia

Bank Rakyat Indonesia sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN), telah ditugaskan oleh pemerintah untuk ikut berperan sebagai agen pembangunan. Tujuannya adalah untuk dapat mendorong pertumbuhan dan perkembangan ekonomi menjadi lebih tinggi lagi.

Menurut Direktur Utama Bank Rakyat Indonesia, Suprajarto, pemberian akses keuangan yang dilakukan oleh perbankan kepada masyarakat sangat penting. Hal ini membantu terciptanya pembangunan ekonomi yang berkelanjutan. Lebih lanjut Suprajarto mengatakan bahwa, akses keuangan yang diberikan ternyata terbukti dapat mengurangi angka kesenjangan dan kemiskinan. Dua hal ini merupakan permasalahan kompleks yang menuntut agar semua pihak bekerja sama untuk menyelesaikannya.

Bank Rakyat Indonesia telah lama mendukung program inklusi keuangan dengan menjadi salah satu BUMN yang ada di garis terdepan. Baik itu program inklusi yang diluncurkan oleh pemerintah ataupun regulator lainnya.

Bahkan dalam sejarah pendiriannya BRI lahir, berkembang, serta mempunyai peranan yang besar di industri perbankan di Indonesia. Hal ini berasal dari kepedulian untuk melayani masyarakat bawah yang dalam kenyataannya tidak mudah untuk dijangkau oleh layanan keuangan formal.

Masih menurut Suprajarto, Bank Rakyat Indonesia merupakan salah satu bank yang mempunyai jumlah outlet terbanyak dan tersebar hingga ke daerah. Hingga saat ini telah berdiri kurang lebih 10.000 outlet, 24.000 ATM, dengan dua ratus ribuan mesin EDC.

Bank Rakyat Indonesia Hadir Untuk Negeri

Bahkan demi menjangkau sekaligus memberikan akses perbankan bagi masyarakat yang ada di daerah terpencil. Bank Rakyat Indonesia mempunyai tiga Teras Kapal serta 408.000 agen Laku Pandai yang dikenal dengan nama BRIlink. Teras Kapal ini ditujukan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat di wilayah pesisir yang ada di pulau-pulau kecil.

Sebagai agen pembangunan, aktivitas yang dilakukan oleh BRI tidak semata mencari untung atau laba saja. Sebagai contoh adalah pelayanan Teras Kapal yang besaran investasi dan biaya yang tergolong mahal. Selain itu program ini tidak sebanding dengan perolehan dana yang dikumpulkan.

Namun, BRI tetap hadir demi kepedulian kepada masyarakat terpencil yang belum disentuh oleh lembaga keuangan. Dan dari kepedulian tersebut, Bank Rakyat Indonesia dinobatkan sebagai bank pencetak laba tertinggi. Bahkan berhasil menjadi bank yang memiliki aset terbesar di Indonesia. []

Tentang Penulis: Berita Bank

Gambar Gravatar
Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *