Bank Swasta dan Negara Gelontorkan Rp8 Triliun untuk PT Lintas Marga Sedaya

oleh
PT Lintas Marga Sedaya

PT Lintas Marga Sedaya mendapatkan pinjaman sindikasi Rp8,8 triliun untuk mengembangkan Tol Cipali dan membangun akses tol menuju Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati.

Pinjaman sindikasi ini akan digunakan untuk membayar kembali utang, dan membiayai pembangunan akses BIJB Kertajari dari Jalan Tol Ruas Cikopo-Palimanan. Pembiayaan sindikasi yang berjangka waktu 15 tahun ini diberikan oleh pihak perbankan dan lembaga keuangan non- perbankan.

Dalam acara ini, BCA selaku sebagai Mandated Lead Arranger and Bookrunners (MLAB), Agen Fasilitas, Agen Jaminan dan Agen Penampungan. Sementara itu, Sarana Multi Infrastruktur dan Bank Mandiri sebagai lead arranger, Bank Panin sebagai arranger, serta Indonesia Infastructure Finance, Bank BJB, Bank DKI dan Bank ICBC Indonesia sebagai partisipan.

Presiden Direktur PT Lintas Marga Sedaya Mohd Zulastri Mohd Amin mengatakan pihaknya berharap program pendanaan ini dapat memberikan fleksibilitas PT Lintas Marga Sedaya selaku operator Jalan Tol Cipali dalam meningkatkan pelayanannya dan memberikan nilai tambah kepada pemangku kepentingan (stakeholder) terkait.

Proyek pembangunan akses menuju BIJB Kertajati dari Jalan Tol Ruas Cikopo–Palimanan diharapkan dapat mempermudah dan mempercepat akses, Sehingga dengan demikian dapat meningkatkan jumlah penumpang serta perekonomian di sekitarnya,” katanya dalam keterangan tertulis.

Susiana Santoso Executive Vice President Corporate Finance BCA selaku perwakilan para kreditur mengungkapkan Bandara Kertajati di Majalengka berdekatan dengan kawasan ekonomi terpadu, Karawang, Bekasi dan Purwakarta, serta ditunjang dengan infrastruktur transportasi lain.

“Oleh karena itu, perbankan nasional khususnya BCA merasa perlu untuk turut serta dalam pembangunan pembangunan ruas tol yang tersambung langsung dengan Bandara Internasional Kertajati ini,” sambungnya.

Dana pinjaman tersebut diharapkan memberikan multiplier effect secara langsung kepada masyarakat, sekaligus memberikan dampak yang signifikan dalam pembangunan infrastruktur. []

Tentang Penulis: Berita Bank

Gambar Gravatar
Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *