in , ,

Bank Wakaf di 33 Pondok Pesantren diguyur Modal Rp8 Miliar

Bank Wakaf

Presiden Joko Widodo menyebutkan saat ini pemerintah sudah mendirikan bank wakaf mikro di 33 pondok pesantren. Setiap bank wakaf mikro diberikan modal sekitar Rp8 miliar.

Hal ini diungkapkan saat Presiden Joko Widodo memberi sambutan kala meresmikan peluncuran Program Bank Wakaf Mikro di Pondok Pesantren Mawaridussalam di Desa Tumpatan Nibung, Kecamatan Batang Kuis, Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara.

Menurut Joko Widodo, pendirian bank wakaf mikro ini adalah respons pemerintah terhadap keluhan masyarakat di desa-desa atau di pondok-pondok pesantren. Terutama soal sulitnya mengakses pelayanan perbankan, karena administrasi yang rumit dan kewajiban memberi jaminan.

Padahal, masyarakat dan umat perlu akses keuangan. Hal itu dibutuhkan untuk modal kerja, modal investasi, dan modal lainnya. Maka itu, pemerintah berinsiatif mendirikan bank wakaf mikro.

Pada tahap awal, masyarakat bisa meminjam dana bank wakaf mikro sebesar Rp3 juta. Jika terlihat rekam jejaknya mengangsur dengan baik, maka dana pinjaman bisa diberikan lebih besar menjadi lebih dari Rp3 juta tau hingga Rp10 juta.

“Kemudian kalau sudah diangsur, bagus, mau nambah Rp10 (juta) silakan, mau nambah Rp15 (juta) silakan, kan enggak ada agunan,” ujar Joko Widodo.

Joko Widodo menjelaskan, pengembangan ekonomi mikro, pengembangan ekonomi umat, terutama di pondok pesantren dan di lingkungan pondok harus berjalan dengan baik. Maka itu, lanjutnya, pemerintah akan terus mengembangkan bank wakaf mikro.

“Kami harapkan nantinya kalau sudah besar, sudah ratusan hingga ribuan, ini akan diholdingkan menjadi sebuah bank besar. Saat ini memang baru tahap membangun pondasi,” ungkap Joko Widodo. []

Berita Bank

Written by Berita Bank

Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *