in ,

Bank Wakaf Mikro, OJK Siap Digitalkan Nasabah

Bank Wakaf Mikro

WARTABANK.COM, Jakarta – Bank Wakaf Mikro (BWM) kini menjadi salah satu upaya serius dari Pemerintah dalam menanggulangi kemiskinan.

Bank Wakaf Mikro bisa dimanfaatkan para pelaku usaha mikro kecil untuk mendapat layanan keuangan dari dana sosial syariah.

Pemerintah juga berharap kehadiran BWM ke depannya bisa menjadi sarana perluasan akses pembiayaan dan pengungkit pertumbuhan ekonomi masyarakat di berbagai daerah.

Untuk itu Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan siap membina agar lebih mengerti dan memahami sistem keuangan berbasis digital.

Wimboh Santoso selaku Ketua Dewan Komisioner OJK menyebut, BWF tidak hanya fokus pada penyaluran dana kepada masyarakat, tetapi juga memberikan pembinaan.

“Menurut kami tidak cukup jika hanya memberikan pembiayaan kepada masyarakat, tanpa ada pembinaannya. Karena sasaran BWM ini adalah masyarakat yang tidak mempunyai akses pembiayaan perbankan di berbagai di daerah,” kata Wimboh saat hadir dalam peresmian BWM di Universitas Muhammadiyah Metro, Lampung, Kamis (23/12/2021).

Ia menjelaskan, rata-rata kehidupan warga di daerah masih perlu kehadiran OJK dalam segala hal, terutama dalam mendidik dan pembinaan.

Sehingga pembiayaan yang sudah mereka dapat bisa berdampak optimal dan menjadikan para nasabahnya jadi pengusaha yang sukses.

“Nasabah BWM akan dibina untuk memahami sistem keuangan digital. Karena nantinya para nasabah ini akan dimasukkan dalam ekosistem digital untuk menjadi agen bank seperti BNI, Mandiri, Permata, atau BSI,” kata dia.
Menurutnya, mereka bisa menjadi agen untuk lebih leluasa memberikan servis kepada masyarakat dan bisa didirikan di pesantren, dan lembaga pendidikan lainnya.

“Sejauh ini baru ada 62 Bank Wakaf Mikro yang dibentuk di berbagai daerah di Indonesia. Kami tentu mengharapkan jumlah itu akan terus bertambah dari hasil sumbangan lembaga lain,” ujarnya.

Ia menyebut, permodalan Bank Wakaf Mikro bersumber dari donasi maupun charity, salah satu pihak yang telah bergabung yakni Bank Permata.

Pendorong Ekonomi

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin menyatakan Bank Wakaf Mikro ini adalah rintisan untuk menumbuhkan pengusaha-pengusaha kecil di Indonesia.

Ia berharap sistem keuangan baru ini akan menjadi alat pengungkit yang mendorong tumbuhnya ekonowi warga agar bisa menjadi nasabah Bank Syariah Umum.

Wapres menyebut saat ini ada lebih dari 27 ribu pesantren yang tersebar di seluruh daerah, dan hal ini sangat berpotensi dalam mengembangkan BWM.

“Bank Wakaf Mikro di pesantren cukup strategis dan kehadirannya bisa menjadi inkubator untuk memajukan usaha mikro syariah,” ungkapnya. []

Written by Chriestian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

BI Fast Payment

BI Fast Payment Mulai Diterapkan di 21 Bank dan Unit Usaha Syariah

Keselamatan

Kolaborasi Jasa Raharja dengan NU, Munadi Herlambang: “Untuk Kampanye Keselamatan”