BCA Hadapi Perubahan Zaman Modernisasi

oleh
BCA

BCA atau PT Bank Central Asia harus mengonversikan berbagai layanannya ke dalam platform digital. Guna mengikuti perubahan zaman ke arah digital yang serba mudah dan praktis. Akan tetapi, pelayanan offline seperti di berbagai cabang bank juga masih terus dilakukan. Mengingat nasabahnya yang tak hanya milenial saja.

“BCA melayani dari yang milenial sampai ke yang kolonial. Yang namanya market ke arah usia lanjut (lebih) cenderung datang ke cabang. Tapi kalau yang sudah pakai digital enggak mau datang ke cabang. (Hal) itu yang harus kita imbangi,” kata Santoso.

Selaku Direktur BCA, Santoso akan memantau sejauh mana populasi milenial dan generasi sebelumnya yang berkembang. Guna terus dapat menghadapi tantangan zaman, perubahan ekosistem pada lingkungan memang cukup memengaruhi bank.

Bahkan nasabah yang datang ke kantor cabang juga mulai dikenalkan untuk penggunaan platform digital yang simpel. Salah satunya setor uang dengan melalui penyetoran.

Santoso menuturkan, “Kita akan memantau sejauh mana populasinya (akan) berkembang, di cabang pun bukan berarti enggak dikenalkan (platfrom) digital. Tetap kita kenalkan digital tapi yang simple-simple, seperti penyetoran uang yang ternyata juga bisa di ATM lho.”

Setelah itu, nantinya nasabah juga bakal diperkenalkan dengan berbagai akun virtual guna berbelanja produk BCA dan sebagainya. Santoso menegaskan pihaknya tidak akan memaksakan para nasabah, namun dengan cara melatih.

BCA Kurangi Cabang Offline

Adapun strategi tersebut dilakukan mengingat lembaga keuangan seperti perbankan telah ter dampak perubahan ekosistem ke arah modernisasi. BCA sendiri sudah mengalami pengurangan pembukaan cabang baru dalam beberapa tahun terakhir ini.

“Buka cabangnya dulu banyak dalam setahun (tapi) sekarang tidak terlalu banyak. Mungkin kurang dari 20 kalau dulu bisa sampai 40 (cabang),” ujar Santoso.

Saat ini BCA masih belum memiliki rencana untuk mengurangi jumlah karyawan. Akan tetapi karyawan yang sebelumnya bekerja pada bidang operasional akan dipindahkan ke divisi lainnya.

“Tidak ada rencana pengurangan karyawan sama sekali, kita justru (akan) cari cara bagaimana memaksimalkan. Karyawan yang dulu (ada) di bidang operasional seperti teller, front office, dan back office. Kita (akan) latih untuk mulai menggunakan digital,” tambah Santoso. []

Tentang Penulis: Berita Bank

Gambar Gravatar
Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *