Bisnis Bank Syariah Semakin Tumbuh di Atas Industri

oleh

Bank Syariah semakin menunjukan taringnya dalam mendongkrak pertumbuhan pada sektor pembiayaan. Meskipun jumlah aset dinilai masih jauh dibandingkan aset bank konvensional, namun bank syariah mampu membuktikan pembiayaan yang mengalami pertumbuhan lebih tinggi apabila dibandingkan kredit perbankan secara umum.

Sebut saja BCA Syariah! Ya hingga periode 25 Juni 2018, BCA Syariah berhasil membukukan pembiayan sebesar Rp4.7 Triliun. Adapun pembiayaan tersebut mengalami pertumbuhan 23% jika dibandingkan pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Menurut Direktur Utama BCA Syariah, John Kosasih, adanya kenaikan tersebut berdampak terhadap Non Performing Finance (NPF) mampu terjaga dengan baik. Berdasarkan laporan keuangan, NPF BCA Syariah hanya berada pada level 0,6% pada periode tahun ini.

Dengan penyaluran pembiayaan yang sehat tersebut kinerja BCA Syariah pun tokcer, dimana pada pertengahan Juni 2018 BCA Syariah mampu mengantongi laba sebelum pajak sebesar Rp35 Miliar atau naik 25%.

“Kinerja kami berjalan sesuai dengan rencana bahkan berada di atas rencana bisnis bank (RBB),” ujarnya.

Tak mau kalah, BRI Syariah pun juga mendulang kenaikan pembiayaan per Mei 2018 yang mencapai 11,5% atau sebesar Rp20.42 Triiliun. Adapun pembiayaan tersebut sebesar 66% mengalir untuk segmen ritel (Konsumer & UMKM), sementara 34% sisanya mengalir untuk pembiayaan komersial.

Direktur Utama BRI Syariah, Hadi Santoso menyebut pihaknya akan membidik pembiayaan sebesar Rp22.68 Triliun di tahun ini. Dengan demikian BRI Syariah telah memenuhi 92% dari pencapaian pembiayaan tersebut.

“Semester II/2018 pembiayaan BRI Syariah masih didorong untuk segmen ritel dan komersial terutama kepada BUMN,” ungkapnya.

Dari peningkatan pembiayaan tersebut, alhasil memberikan dampak yang baik terhadap kinerja BRI Syariah, dimana bank berkode saham BRIS ini pada periode Mei 2018 berhasil membukakn laba stetlah pajak sebesar Rp96,31 Miliar atau tumbuh 85,16% (y-o-y) apabila dibandingkan pencapaian periode sama tahun sebelumnya dengan laba Rp52,02 Miliar.

“Kami akan terus mengejar target pembiayaan sehinga mampu meraih laba yang kami bidik di tahun ini yaitu mencapai Rp250 Miliar,” ujarnya. []

Tentang Penulis: Berita Bank

Gambar Gravatar
Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *