Bisnis UMKM BNI Kinclong

oleh
Bisnis UMKM

Bisnis UMKM BNI menunjukan tren kinerja yang positif. Para pelaku UMKM binaan BNI tercastat memiliki perkembangan usaha yang dinilai sangat baik. Hal tersebut dirasakan karena pada mita binaan BNI tersebut telah mengikuti berbagai pelatihans serta program dalam mendorong kapasitas yang digelar di berbagai RKB atau Rumah Kreatif BUMN.

Hal itu tercermin dari peningkatan yang signifikan pada penjualan produk-produk UMKM secara online atau dikenal dengan istilah gross merchandise volume (GMV) yang dipasarkan melalui aplikasi blanja.com. Melalui marketplace tersebut bisnis UMKM BNI semakin terbantu dari sisi penjualan.

Adapun GMV UMKM mitra RKB yang tersebar di seluruh Indonesia mengalami peningkatan dari sebelumnya pada tahun 2017 hanya sebesar 346 juta kini menjadi RP1,39 miliar di 2018 atau tumbuh mencapai 400 persen.

Bisnis UMKM BNI yang tumbuh juga diikuti dengan pertumbuhan anggota RKB BNI yang sampai akhir tahun 2018 lalu sudah mencapai 158.630.

Tumbuhnya bisnis UMKM dan jumlah UMKM yang tertarik aktif di RKB BNI ini tidak terlepas dari peran BNI dalam menyelenggarakan berbagai event dan menerapkan berbagai program peningkatan kapasitas para pelaku usaha.

RKB BNI mampu mendorong UMKM memenuhi setiap tahapan pengembangan, yaitu dimulai dari tahap registrasi di rkb.id, lalu tahap Go Modern, kemudian tahap Go Digital, hingga Go Online. Pada tahap Go Modern, UMKM didampingi agar mampu meningkatkan kualitas produk, kualitas branding, hingga kualitas packaging.

Lalu, pada tahap Go Digital, UMKM diarahkan untuk mulai akrab menggunakan prosedur komputasi dan otomasi dengan aplikasi digital sehingga mampu mengelola keuangan, inventory, pergudangan, hingga proses produksi secara lebih mudah karena digitalisasi.

Pada Tahap Go Online, UMKM mitra RKB BNI telah mampu mengakses pasar secara online karena telah memahami internet, mengerti budaya online, masuk ke situ Blanja.com, dan mampu mengoptimalkan logistic commerce dalam mengembangkan pemasaran. []

Tentang Penulis: Berita Bank

Gambar Gravatar
Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *