Bisnis Wealth Management Terus Digenjot Perbankan

oleh
Bisnis wealth management

Bisnis wealth management masih memili prospek yang cukup besar. Hal ini terlihat dari upaya beberapa perbankan yang fokus dalam membidik perolehan pendapatan dari bisnis ini.

Sejumlah perbankan memiliki beragam strategi untuk bisa menjaring dana-dana nasabah tajir tersebut sehingga dapat menopang pendapatan fee based income.

Sebut saja BCA yang tengah mempersiapkan layanan baru yang digadang-gadang akan memacu pertumbuhan bisnis wealth. Peluncuran layanan tersebut akan dilakukan bertepapan dengan Indonesia Knowledge Forum (IKF) yang digelar BCA pada 8-9 Oktober 2019 mendatang.

Senior Vice President Wealth Business Management BCA, Adrianus Wagimin menyatakan jika layanan teranyar tersebut akan menjadi peluncuran terbesar di BCA tahun ini.

Tahun 2019, imbuhnya, menjadi masa kebangkitan bisnis wealth management bagi BCA. BCA sepanjang 2019 ini berhasil menghimpun dana kelolaannya yang berhasil tumbuh hingga belasan persen.

“Kami punya produk bisnis wealth management yang lengkap. Untuk bancassurance kami memasarkan hampir seluruh jenis proteksi dan pemeliharaan. Untuk reksadana, kami telah bersinergi dengan Sembilan manager investasi dengan 30 jenis produk,” terang Adrianus.

Sementara itu untuk obligasi, lanjutnya, BCA telah memasarkan produk obligasi yang diterbitkan pemerintah.

“Penjualan SBR08 kami sangat bagus. BCA berhasil menjual Rp600 miliar dari target awal hanya Rp300 miliar,” ujarnya.

Sementara itu, Bank Mandiri pun tidak kalah gencar. Bank BUMN ini telah mempersiapkan strategi terutama terkait edukasi perencanaan finansial, pengelolaan portofolio, dan peningkatan kapabilitas SDM pengelola nasabah untuk mendorong pertumbuhan bisnis wealth management.

Menurut Direktur Bisnis dan Jaringan Bank Mandiri Hery Gunardi pihaknya senantiasa terus meningkat keberagaman produk. Hal itu diyakini sebagai keunggulan bank berlogo pita emas tersebut dalam memacu pertumbuhan bisnis pengelolaan dana nasabah tajir tersebut.

Sebagai informasi tambahan bahwa per Agustus 2019, total dana kelolaan wealth management Bank Mandiri telah mencapai Rp202 triliun atau naik 17 persen jika disbanding periode yang sama tahun lalu. Hingga akhir tahun, FUM dibidik bisa tumbuh 30 persen. []

Tentang Penulis: Berita Bank

Gambar Gravatar
Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *