BNI & BNI Life Dukung Kartu Sehat BUMN

oleh

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI menjadi salah satu bank milik negara yang memberikan dukungan terhadap kolaborasi berbagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam menerbitkan Kartu Sehat BUMN. BNI juga mengajak salah satu perusahaan anaknya, yaitu BNI Life, untuk turut memberikan kontribusi dalam penerbitan kartu tersebut. Kartu yang memiliki banyak manfaat bagi pemiliknya ini diterbitkan atas kerja sama antara Indonesia Healthcare Corporation (IHC) yang menggandeng BNI, BNI Life, AdMedika, dan BPJS Kesehatan.

Peluncuran Kartu Sehat BUMN tersebut ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Direktur Utama Pertamedika-IHC Dr. Dany Amrul Ichdan, Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Adi Sulistyowati, Plt Direktur Utama PT BNI Life Insurance Geger N Maulana, serta Direktur PT Administrasi Medika Hesti Nugrahani di Jakarta, Kamis (22 Maret 2018). Acara tersebut menjadi salah satu bagian utama dalam acara Hari Ulang Tahun (HUT) Pertama IHC. Penandatanganan MoU tersebut disaksikan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara RI Rini M Soemarno, Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek, dan Direktur Utama BNI Achmad Baiquni.

Adi Sulistyowati menuturkan, Kartu Sehat BUMN memiliki 6 fungsi. Pertama, sebagai kartu berobat bagi pegawai BUMN, dengan skema penjaminan (Non Cash), komplemen terhadap penjaminan BPJS Kesehatan (top-up), yang ditopang oleh jaringan IT dari AdMedika dan asuransi BNI Life. Kedua, sebagai kartu berobat yang memberi akses ke layanan kesehatan menggunakan penjaminan BPJS Kesehatan.

Ketiga, sebagai kartu uang elektronik BNI atau TapCash yang juga dapat digunakan antara lain untuk transaksi pembayaran di gerbang tol, commuterline, busway, area parkir, dan minimarket. Keempat, berfungsi sebagai kartu debit dan ATM di jaringan BNI, sehingga Kartu Sehat BUMN memiliki fitur sebagai kartu debit, ATM, dan uang elektronik BNI.

Kelima, menjadi kartu akses fasilitas kepegawaian para pegawai BUMN untuk mencatatkan kehadiran, memasuki area kerja tertentu, dan identifikasi personel. Keenam, memberikan keuntungan dari kumulatif penggunaan kartu dari Inpoin di mana poin tersebut dapat ditukarkan dengan berbagai benefit dari jaringan Inpoin.

“Tidak hanya pegawai yang mendapatkan manfaat, sistem Kartu Sehat BUMN membantu BUMN dalam optimalisasi dana kesehatan bagi pegawai, baik melalui skema BPJS Kesehatan ataupun penjaminan asuransi dengan sistem top-up. Sistem yang sama juga memberikan laporan rinci perilaku berobat pegawai dan tren penyakit,” ujar Adi Sulistyowati.

Ditambahkannya, kartu sehat BUMN juga merupakan kartu Debit Combo pertama di Indonesia yang mencantumkan logo GPN atau program Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) yang digagas oleh Bank Indonesia (BI) sebagai perwujudan integrasi dan intermediasi antar Bank. []

Tentang Penulis: wartabank

Gambar Gravatar
Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *