in , ,

BNI Permudah Proses Pengurusan Hak Tanggungan, Caranya Cukup Online

Hak Tanggungan

WARTABANK.COM, Jakarta – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) permudah nasabahnya dalam proses pengurusan Hak Tanggungan. Nasabah BNI untuk mengurusi hal tersebut kini cukup dilakukan dengan cara online. Sebab, BNI telah memberi kemudahan dengan digitalisasi pembayaran yang telah digunakan BNI.

Atas kemudahan tersebut jugalah, Kementerian Agraria dan Tata Ruang atau yang disebut Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menggandeng BNI.

Kementrian ATR/BPN gandeng BNI untuk memungkinkan masyarakat bisa mengurus Hak Tanggungan dari mana pun dan kapan pun.

Selain itu tentunya kerjasama ini juga memiliki tujuan mempermudah nasabah bisa membayarkan biayanya secara non tunai melalui Hak Tanggungan Elektronik atau HT eL.

Kerjasama antara ATR/BPN dan BNI, Selasa (12/11/2019) ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) terkait Pendaftaran Tanah, Penanganan Permasalahan Aset & Agunan.

Sekedar informasi yang hadir dalam acara kerjasma tersebut adalah Menteri ATR/BPN RI Sofyan A Djalil, Wakil Menteri BUMN RI Budi Gunawan Sadikin, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo ,dan Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Adi Sulistyowati.

Sementara itu, Adi Sulistyowati, Direktur Hubungan Kelembagaan BNI mengatakan pelaksanaan HT eL meliputi pendaftaran Hak Tanggungan, roya, tukar menukar data, hingga informasi pertanahan.

Menurutnya, BNI saat ini sangat siap mendukung upaya Kementerian ATR/BPN RI yang saat ini terus melakukan inovasi digital untuk meningkatkan layanan pertanahan kepada masyarakat.

Selain berkontribusi dalam pengembangan sistem HT eL, dijelaskannya, sebelumnya BNI dan Kementerian ATR/BPN juga telah bekerjasama dalam Pendaftaran Tanah.

Selain itu juga kerjasama berlangsung dalam Penanganan Permasalahan Aset dan Agunan milik BNI, pertukaran data dan informasi, sampai kepada dukungan terhadap program prioritas nasional BPN, serta Peningkatan kompetensi SDM.

“Tak hanya itu, sejak 2016 BNI juga sudah menjalin kerjasama dengan Kementerian ATR/BPN,” terangnya.

“Kerjasama yang terjalin mulai dari Penyediaan dan Pemanfaatan Jasa Layanan Perbankan, Percepatan Sertifikasi Hak Atas Tanah dan Penanganan Permasalahan Tanah Agunan Milik Debitur dan/atau Nasabah Binaan BNI,” tambahnya.

BNI sebagai bank digital, menurutnya tentu sangat mendukung program digitalisasi Kementerian ATR/BPN melalui implementasi Penggunaan Mini ATM BNI.

Mini ATM yang dimaksud dijelaskannya dapat digunakan dalam Pembayaran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Kementerian ATR/BPN dari Pelayanan Survey.

Selain itu dapat juga digunakan sebagai pembayaran Pengukuran dan Pemetaan, Pelayanan Pendaftaran Tanah, Pelayanan pendaftaran menghapuskan hak tanggungan /roya dan Pengecekan sertifikat. []

Agus Dilan

Written by Agus Dilan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bank Muamalat

Erick Thohir Bantah BUMN Selamatkan Bank Mualamat

AXA Mandiri

AXA Mandiri Tingkatkan Bisnis Perlindungan Jiwa dan Kesehatan