BRI Kolaborasi Dengan Yayasan Santripreneur Bentuk Pengusaha Dari Pesantren

oleh
Santripreneur

WARTABANK.COM, Jakarta – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk bekerjasama dengan Yayasan Santripreneur Indonesia memberikan pelatihan ke 350 santri dan santriwati di beberapa kota besar di Indonesia.

Pelatihan tersebut guna membangun semangat bisnis dan kewirausahaan di kalangan santri untuk bisa mendorong perekonomian negeri. Adapun pelatihan yang telah terselenggara ada di Yogyakarta, Bantul, Sleman, Semarang dan Jepara.

Corporate Secretary Bank BRI Hari Purnomo, Jumat (22/11) mengatakan pihaknya sebagai bank pelat merah dan bank UMKM terbesar di Indonesia berkomitmen akan peningkatan potensi ekonomi yang tumbuh dari kalangan pesantren.

Apalagi, kata dia, jika melihat data Kementerian Agama terdapat 25.928 pesantren dengan jumlah santri kurang lebih mencapai 3,9 juta orang.

“Jumlah ini tentunya potensi besar dalam meningkatkan jumlah para pelaku UMKM baru di Indonesia,” katanya.

Tujuan Santripreneur ini dijelaskannya sebagai upaya meningkatan minat dan kemampuan bisnis di kalangan santri.

“Jadi program ini sebenarnya itu untuk semua kalangan, baik yang sudah berbisnis maupun yang belum, yang sudah bisa dikuatkan, sedangkan yang belum akan dibukakan wawasan peluang ekonominya,” papar Hari.

Selain itu, BRI juga menurutnya memiliki program pendampingan yang akan dilakukan bimbingan oleh para mentor yang berpengalaman.

Maka dari itu, diharapkan para santri bisa meningkatkan kemampuan bisnisnya.

Sekedar informasi, program Santripreneur ini juga telah menjadi satu kesatatuan dengan program BRI lainnya, yakni Inkubator BRI atau yang akrab disebut BRIncubator.

BRIncubator ini adalah program inkubasi bisnis bagi para pelaku UMKM yang berorientasi pada pemberian akses pembiayaan.

Tak hanya itu saja, tetapi juga pada akses peningkatan kapasitas serta kapabilitas UMKM secara digital dan fokus pada ekspor.

BRIncubator juga dalam aktifitasnya memperkenalkan dan mengajarkan pelaku UMKM untuk bisa go digital, go online dan go global.

Disampaikannya, dari kesemua program yang telah dilakukan oleh perusahaan Bank BUMN ini ada banyak manfaat yang bisa didapatkan.

Sebab, tujuan dari BRI sendiri adalah menjalankan fungsinya sebagai agent of development dan menjalin rantai ekonomi kerakyatan.

Harapannya kedepan, semua pihak termasuk UMKM dapat meningkatkan kesejahteraan dan mengurangi kemiskinan di tengah masyarakat. []

Tentang Penulis: Berita Bank

Gambar Gravatar
Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *