BTN & Bank Mandiri Belum Ingin Menaikan Bunga Kredit

oleh

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo pada akhir pekan lalu kembali menyatakan bahwa BI akan menaikan suku bunga acuan 7-day revese repo rate yang direncanakan pada saat rapat dewan gubernur pada 27-28 Juni mendatang.

Meskipun demikian, namun ternyata tidak semua bank merespon kenaikan suku bunga tersebut. Sebut saja Bank Mandiri! Bank yang dinahkodai oleh Kartika Wirjoatmodjo
Sebagai Direktur Utama tersebut menyatakan bahwa belum ada agenda perbankan dalam menaikan bunga kredit.

“Kami rasa sampai semester II/2018 bunga kredit masih akan sama,” ujar pria yang akrab disapa Tiko tersebut.

Kendati demikian, Tiko mengungkapkan bahwa kemungkinannya akan ada penyesuaian pada bunga deposito.

“Deposito ya harus disesuaikan karena itu dana nasabah yang harus dijaga,” terangnya.

Senada dengan BTN. Menurut Direktur Utama BTN Maryono, pihaknya dalam waktu dekat ini belum ada rencana menaikan suku bunga kredit, tetapi, lanjutnya, bunga deposito kemungkinan aka nada penyesuaian.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa sampai saat ini kondisi pada pasar ada dana funding pricing yang sudah mulai meningkat. Tetapi jika BI menaikan suku bunga acuan kembali, ujar MAryono, biasanya ada time lagnya sehingga bank-bank memiliki spare waktu untuk melakukan penyesuaian.

“Ujungnya ada kenaikan bunga kredit tetapi time lag nya akan lebih panjang,” pungkasnya. []

Tentang Penulis: Berita Bank

Gambar Gravatar
Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *