Buka Rekening Online Inovasi Gaet Milenial

oleh
Buka rekening online

Buka rekening online saat ini menjadi program terbaru bank yang mulai diperkenalkan. Hal tersebut merupakan salah satu cara bank dalam memberikan kemudahan dan menjangkau generasi Millenial. Generasi yang umumnya bergaya hidup mudah, praktis dan cepat sesuai perkembangan digital. Meskipun pada akhirnya banyak generasi lanjut yang ikut memanfaatkan program ini.

Bagi kalangan perbankan, buka rekening online merupakan program pemanfaat teknologi dan bangking experience. Program yang mulai banyak dilirik oleh banyak bank.

Sebut saja Bank yang termasuk dalam Bank Umum Kelompok Usaha (BUKU) 4 yang berarti bank besar adalah BRI. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menjadi bank pertama meluncurkan program buka rekening online. Nasabah yang membuka rekening secara online menggunakan aplikasi BRI Mobile (BRImo).

Menurut Direktur Konsumer BRI, Handayani, terjadi pertambahan nasabah secara signifikan sejak program dibuka Maret 2019. Sampai awal Maret 2019, BRI mempunyai 1.900 nasabah baru. Hal ini berarti 12,7 persen dari target pertambahan nasabah 15.000 per tahun 2019.

Indikator keberhasilan BRI dalam meluncurkan program membuka rekening secara real time, selain hal di atas adalah pengunggah aplikasi. Dalam kurun waktu satu bulan terdapat 200.000 orang yang mengunggah aplikasi BRImo. Bahkan, Handayani menyebutkan bahwa telah terjadi 2 juta transaksi selama sebulan dengan nilai Rp1,5 triliun.

BRI juga meluncurkan program isi saldo uang elektronik berbasis chip melalui aplikasi. Mengikuti langkah BRI dengan kesuksesan buka rekening online, BCA beberapa hari lalu juga menambah fitur membuat rekening melalui aplikasi BCA mobile.

KEMUDAHAN BUKA REKENING ONLINE

Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk, Jahja Setiatmadja mengungkapkan, bahwa buka rekening melalui internet memberi kemudahan dan efisiensi bagi nasabah dan calon nasabah. Nasabah tidak perlu datang dan mengantri customer service untuk membuat rekening baru dan berbagai transaksi. Diharapkan dengan program ini, BCA dapat melampaui target satu juta pertambahan nasabah setiap tahun menjadi dua kali lipat.

Tidak hanya bank besar yang tertarik dengan buka rekening online, bank dengan kategori BUKU 2, PT Bank BNI Syariah juga merencanakan hal yang sama. Rencana tersebut akan diluncurkan akhir tahun 2019. Namun, karena bank ini belum mempunyai aplikasi mobile, buka rekening secara online direncanakan dalam dua cara.

Cara pertama, nasabah mengisi formulir elektronik yang terdapat pada website atau dikirimkan oleh petugas BNI. Setelah mengisi formulir, di hari dan jam kerja nasabah tinggal mengambil buku rekening dan kartu ATM. Cara ini ditargetkan mampu manambah nasabah sekitar 150 orang per hari.

Cara kedua, buka rekening online melalui video call dengan petugas BNI Syariah yang direkomendasikan. Cara yang sedikit lebih sulit ini baru rencana direalisasikan sekitar setahun ke depan. Demikian diungkapkan oleh Direktur Keuangan dan Operasional BNI Syariah, Wahyu Avianto. []

Tentang Penulis: Berita Bank

Gambar Gravatar
Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *