Bunga Kredit Bank Didesak Segera Turun

oleh
Bunga Kredit

Bunga Kredit bank-bank diharapkan dapat segera diturunkan setelah Bank Indonesia juga menurunkan suku bunganya. Hal ini dikemukakan oleh Darmin Nasution selaku Koordinator Perekonomian.

Bunga Kredit yang diturunkan kiranya juga telah dilakukan oleh pemerintah ( dengan pemberian insentif). Setelah itu Bank Indonesia turut melakukan hal yang sama. Darmin berharap pula hal ini akan segera disusul oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Disebutkan dalam rapat dewan gubernur (RDG) bulanan, BI memberikan keputusannya guna memangkas suku bunga acuan BI 7 (seven) day reverse repo rate atau biasa disingkat BI 7 day RRR. Yakni, sebesar dua puluh lima (25) basis poin (bps) yang nominalnya menjadi 5,75 persen.

Ia menambahkan jika pihak OJK harusnya bisa melakukan dorongan untuk segera mengikuti jejak BI dan pemerintah dalam menurunkan bunga kredit. Ia juga menilai jika kebijakan tentang pelonggaran yang dilakukan BI dapat membuka ruang untuk menambah kredit khususnya pada sektor keuangan.

Turunkan Bunga Kredit

Dengan diturunkannya suku bunga acuan BI, tentunya secara otomatis akan menarik turun suku bunga kredit perbankan. Hal ini dikarenakan, dengan terpotongnya suku bunga oleh bank sentral, maka biaya dana bank atau cost of fund bank juga akan menurun.

Cost of fund ialah biaya yang dibutuhkan bank untuk mendapatkan simpanan setelah penambahan cadangan wajib yang besaranya ditentukan oleh pemerintah juga akan turun. Darmin menambahkan jika pihak BI melakukan hal tersebut karena pihaknya melihat adanya ruang. Namun, ia juga berpendapat jika hal tersebut bagus karena dunia memang sedang memberikan kebijakan moneternya.

Sebelumnya juga diberitakan jika selain penurunan suku bunga, BI juga sudah melakukan beberapa pembauran kebijakan lain. Guna memenuhi kebutuhan likuiditas perbankan, salah satunya dengan cara menurunkan rasio Giro Wajib Minimum (GWM) denominasi Rupiah yang besarannya sebesar 50 bps pada bulan lalu.

Dengan demikian, dapat disimpulkan meski tahun lalu BI secara signifikan menaikkan suku bunga kredit sebesar 175 bps. Serta stagnan sejak November tahun 2018 di level enam (6) persen. Namun, tanpa terduga terjadi perbedaan dengan suku bunga kredit yang justru melesat turun sebesar 23 bps. []

Tentang Penulis: Berita Bank

Gambar Gravatar
Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *