Perang Perbankan Tawarkan Bunga Murah KPR

oleh

Seiring mulai bergairahnya pasar properti tanah air, perbankan sebagai salah satu instrument pembiayaan perumahan tengah menyiapkan berbagai kemudahan untuk menarik nasabah dalam hal ini adalah Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Maka tidak mengherankan jika yang terjadi saat ini adalah perbankan saling berlomba menawarkan bunga KPR dengan nilai yang rendah. Bahkan, terdapat beberapa bank yang berani menawarkan bunga KPR satu digit, antara lain yaitu Bank Mandiri dan BCA, dimana kedua bank tersebut menawarkan bunga KPR dibawah 10%.

Beberapa pengamat perbankan, melihat fenomena tersebut sebagai sesuatu yang wajar. Menurut Analis Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Bhima Yudhistira Adhinegara pertumbuhan kredit yang masih rendah di awal tahun ini menjadi salah satu indikator bagi perbankan yang beramai-ramai tawarkan buga murah.

“Perbankan akan jauh lebih agresif menawarkan bunga rendah pasalnya pertumbuhan kredit awal tahun lalu secara umum hanya mencapai 7%,” ujarnya.

Tahun lalu, lanjutnya, merupakan titik balik penjualan pada sektor properti. Perang bunga murah KPR yang ditawarkan perbankan diharapkan akan semakin menggairahkan pasar properti di tahun 2018.

“Meskipun sebagai tahun politik dimana terjadi peningkatan konsumsi, namun saya yakin tahun ini pasar properti akan cerah,” ungkapnya.

Namun demikian, adanya bunga murah KPR yang ditawarkan perbankan sudah pasti menjadi pekerjaan khusus buat bank karena perbankan harus me-review kembali cost structure-nya termasuk upaya menurunkan cost of fund. DPK perbankan, imbuhnya, pertumbuhannya masih sangat tinggi, sementara beban bunga yang harus dibayar akan memiliki tren yang terus meningkat.

“Perang bunga murah KPR bisa menjadi bom waktu ketika cost of fund dana simpanan semakin membengkak. Jadi gap antara pendanaan dan simpanan harus tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian,” jelasnya.

Tentang Penulis: Berita Bank

Gambar Gravatar
Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *