Calon Deputi Gubernur Senior BI Yang Diajukan Presiden Jokowi

oleh
Calon Deputi

Calon Deputi Gubernur Senior BI pengajuan Presiden Joko Widodo sudah disampaikan ke meja DPR. Terdapat dua nama yang diisukan menjadi kandidat kuat untuk posisi strategis tersebut.

Sumber terpercaya menyebut dua nama tersebut ialah Deputi Gubernur BI Erwin Riyanto dan Destry Damayanti. Tetapi nama Destry yang kini disebut-sebut sebagai calon Deputi Gubernur Senior BI yang diajukan presiden ke Senayan.

Dalam dunia keuangan, nama Destry Damayanti bukanlah nama yang asing. Saat ini beliau menjadi Anggota Dewan Komisioner LPS (Lembaga Penjamin Simpanan) sejak 24 September 2015. Destry merupakan peraih gelar sarjana ekonomi dari Universitas Indonesia dan Master of Science dari Cornell University.

Destry juga sempat malang melintang di dunia ekonomi dan keuangan. Di antaranya, beliau pernah menjadi Senior Economic Adviser Duta Besar Inggris untuk Indonesia pada periode 2000-2003. Dan tercatat sempat menjadi peneliti dan pengajar di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Lalu menjadi Kepala Ekonom Mandiri Sekuritas selama periode 2005 hingga 2011. Setelah itu, dilanjutkan kembali sebagai Kepala Ekonom Bank Mandiri dari tahub 2011 sampai 2015.

Destry juga ditunjuk menjadi Ketua Satuan Tugas Ekonomi Kementerian BUMN pada periode 2014-2015. Beliau memiliki pengalaman sebagai Direktur Eksekutif Mandiri Institut dan Ketua Panitia Seleksi Pimpinan KPK.

Anggota Komisi XI DPR RI, Misbakhun membenarkan hal tersebut. Bahwa Presiden Jokowi telah mengajukan nama calon Deputi Gubernur Senior BI ke DPR, sayangnya identitas sang calon masih ditutupi. “Surat presiden itu bersifat rahasia, saya tidak bisa menyampaikan siapa nama yang diusulkan,” jelas Misbakhun.

Yang pasti, nama calon Deputi Gubernur Senior BI yang diusulkan oleh presiden tersebut bakal disampaikan nanti. Pada acara rapat paripurna pembukaan masa sidang baru tanggal 7 Mei 2019. Sekarang ini DPR sedang dalam masa reses.

Calon Deputi Gubernur Senior BI tersebut untuk menggantikan Mirza Adityaswara yang masa jabatannya akan selesai pada Juli 2019. Jabatan Mirza tersebut sebelumnya hanya sampai 2014 namun diperpanjang. Yang didasari oleh Keputusan Presiden Nomor 62/P tahun 2014 untuk periode 2014-2019. Beliau juga diberikan amanah sebagai anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (DK OJK) Ex-Officio dari Bank Indonesia. []

Tentang Penulis: Berita Bank

Gambar Gravatar
Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *