in , ,

Dompet Digital LinkAja Ditargetkan Selesai Awal April 2019

Dompet digital LinkAja

Dompet digital LinkAja, yakni perusahaan milik BUMN yang berbasis quick response code (QR Code) rencananya akan resmi diluncurkan pada bulan ini. Dompet digital yang sebelumnya bernama TCash ini, akan mengintegrasikan uang elektronik yang tergabung dalam Himpunan Bank Negara (Himbara) ke LinkAja.

Fase migrasi uang elektronik bank, seperti T-Bank, e-cash, Yap!, dan UnikQu rencananya dilaksanakan pada akhir Maret hingga awal April 2019. Hal ini yang dijelaskan oleh Direktur Teknologi dan Informasi PT Bank Tabungan Negara (BBTN) Tbk, Andi Nirwanto. Migrasi ke dompet digital LinkAja tersebut, rencananya akan dilakukan secara paralel dari masing-masing bank.

Saldo yang dimiliki nasabah pada uang elektronik sebelumnya, secara otomatis akan pindah tanpa adanya pengurangan sedikit pun. Jadi, bisa dipastikan uang elektronik nasabah sebelumnya akan tetap aman saat migrasi ke dompet digital LinkAja. Andi mengatakan, “Fase sekarang memang fase migrasi uang elektronik yang dimiliki bank ke LinkAja dan saldo otomatis terbawa, tidak hilang.”

Baca Juga: Bank Indonesia Resmi Luncurkan Regulasi Pelonggaran RIM

Tahap selanjutnya setelah proses migrasi uang elektronik berbasis server milik Himbara ke dompet digital LinkAja selesai. Maka, yang akan dilakukan adalah memulai akuisisi merchant, menghadirkan program-program bagi nasabah, serta melakukan campaign. Selain itu, masih banyak hal lain terkait kebutuhan-kebutuhan bagi nasabah yang nantinya akan lebih memudahkan.

KOMPETITOR DOMPET DIGITAL LINKAJA

Dompet digital LinkAja akan menjadi kompetitor bagi GoPay dan OVO di sektor pembayaran digital dan e-wallet. Yang juga menarik adalah, LinkAja bersinergi dengan beberapa perusahaan pelat merah seperti, Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BTN, Pertamina, dan Telkom.

LinkAja dikelola oleh PT Fintek Karya Nusantara (Finarya) dan saat ini, sahamnya dikuasi oleh Telkomsel sebesar 99,99 persen. Namun nantinya, kepemilikan Telkomsel tersebut akan terdilusi seiring dengan masuknya sejumlah BUMN yang tergabung dalam konsorsium.

Namun demikian, Andi tidak dapat memberitahukan kapan resminya dompet digital LinkAja akan diluncurkan. Karena untuk target peluncuran tersebut, saat ini memang sedang dipersiapkan oleh kementerian dengan LinkAja, serta BUMN yang terkait di dalamnya. Andi juga menambahkan, jika ingin mengetahui kepastiannya lebih lanjut, bisa langsung ke kementerian.[]

Written by Berita Bank

Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bank Indonesia

Bank Indonesia Resmi Luncurkan Regulasi Pelonggaran RIM

Penyaluran KPR

Penyaluran KPR BTN, Ini Targetnya!