in , , , , ,

DP 0%! BCA Belum Berani

DP 0%

DP 0%! BCA Belum Berani

Akhir Juni lalu Bank Indonesia (BI) telah mengumumkan aturan loan to value (LTV) khususnya terkait rasio LTV rumah pertama dengan kebijakan DP 0%. Dalam aturan tersebut, BI memberikan kebebasan kepada perbankan dalam memberikan rasio LTV atau yang akrab dengan disebut rasio DP untuk pembelian rumah pertama.

Hal ini tentu menjadi tantangan bagi industri perbankan. Namun tidak sedikit pula yang tidak ingin ambil risiko dari relaksasi yang diterbitkan BI tersebut. Sebut saja PT Bank Central Asia Tbk (BCA). Menurut Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmaja mengatakan bahwa pihaknya belum berani menerapkan aturan dengan DP 0%.

“Kami belum berani menerapkan DP 0%! Risiko di pada segmen property terlalu banyak tantangannya terlebih kemampuan debitur masing-masing pasti berbeda,” ujarnya.

Sebagai informasi bahwa terdapat 3 poin relaksasi dari kebijakan LTV tersebut. Pertama yaitu pelonggaran rasio LTV untuk pembiayaan property. Kedua yaitu pelonggaran jumlah fasilitas dalam kredit dan ketiga yaitu penyesuaian pengaturan tahapan serta besaran pencairan pembiayaan atau kredit. []

Berita Bank

Written by Berita Bank

Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kredit Properti

Strategi Bankir Hadapi Risiko Kredit Properti

Digital Payment Bukopin

Bukopin Terus Perkuat Layanan Digital Payment Bukopin